Berita

    Simak Fungsi Air Suspension Pada Mobil

    Bagi pecinta otomotif, air suspension bukanlah hal yang awam. Sebab, mereka yang memiliki kegemaran modifikasi kendaraan bermotor khususnya mobil sudah tentu kerap menggunakan komponen yang satu ini.

    Air suspension adalah teknologi yang mulai dikenal masyarakat semenjak tahun 1920. Komponen ini merupakan kantong udara yang mampu mengontrol tinggi rendahnya ground clearance di mobil melalui gaya stance atau ceper.

    Lazimnya, kantong udara tersebut mampu mengatur tingkat fleksibilitas dan kekerasannya sembari mobil tetap berjalan atau melaju. Oh iya, tidak hanya itu, air suspension mobil ini mempunyai 5 komponen sistem.

    Pada bagian krusialnya, terdapat kompresor udara. Lalu tabung penyimpanan yang berfungsi sebagai penyimpanan cadangan udara saat sistem berjalan. Terdapat 3 selang udara yang bertanggung jawab mengkoneksikan 2 komponen yang sudah teraliri udara tekanan tinggi.

    Kemudian, terdapat kantong udara yang berfungsi sebagai ‘tulang punggung’ penahan beban mobil. Ada pula katup selenoid yang berfungsi sebagai konektor udara dalam tabung penyimpanan dan kantong udara.

    Fungsi air suspension mobil

    Air suspension berfungsi sebagai pemberi rasa nyaman ketika berkendara. Ini bukanlah fakta abal-abal karena air suspension memang terbukti mampu menambah kenyamanan mobil saat dikendarai ketimbang suspensi reguler atau yang memakai per. 

    Hal ini disebabkan bahwa air suspension mampu berperan sebagai peredam getaran ketika mobil melintas jalanan yang tidak rata. Dengan ini, maka kenyamanan tidak cuma diperoleh pengemudi dan penumpang juga karena air suspension memiliki skill yaitu auto levelling.

    Nah, tidak hanya memberi kenyamanan ketika berkendara saja, fungsi air suspension yang lain yakni untuk mempercantik tampilan mobil. Dengan pemasangan komponen ini, maka imej mobil modifikasi bisa bertambah keren, khususnya di aliran stance

    Bicara tentang perbedaan, air suspension menggunakan udara untuk meredam getaran sejumlah kaki mobil yang bergesek di permukaan jalan. Sedangkan untuk suspensi reguler biasanya menggunakan per.

    Prinsip kerja air suspension 

    Seperti namanya, air suspension mobil yang berarti suspensi udara memiliki bantalan udara sebagai pengganti per baja. Nah, bantalan udara tersebut bisa ditambah atau dikurangi level kekerasannya dengan fleksibel.

    Air suspension ini memiliki bagian-bagian yakni tabung udara, kompresor, bermacam-macam selang, hingga suspensinya sendiri. Untuk perbedaan terpenting dalam air suspension modern yakni pengaturan terkomputerisasinya.