Berita

    Kenali Tips Ganti Ban Mobil

    Permukaan ban mobil yang sudah gundul, retak, dan terdapat benjolan merupakan pertanda bahwa ban harus segera diganti. Dalam mengganti ban tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena merupakan komponen penting yang menunjang performa pada kendaraan.

    Selain, berfungsi untuk menunjang kenyamanan berkendara ban juga berguna untuk keselamatan. Jadi, sebaiknya jangan asal memilih saat akan menggantinya dengan yang baru agar tidak terjadi masalah yang fatal di kemudian hari.

    Tips Mengganti Ban Mobil yang Tepat

    Seperti yang dibicarakan di atas, memilih ban harus dilakukan secara cermat. Bagi pengendara mobil yang belum paham tentang cara memilih ban yang tepat sebaiknya simak tips berikut.

    • Pilih Sesuai Tipe dan Jenis Mobil

    Tips ganti ban mobil yang pertama, yaitu memilih ban sesuai dengan tipe dan jenis mobil. Setiap mobil umumnya mempunyai standar ban yang berbeda-beda. 

    Sehingga setiap orang harus mengenali standar ukuran dan tipe ban pada mobilnya masing-masing. Untuk mengetahuinya, bisa dicek pada tulisan di bagian ban karena di sana terdapat keterangan mengenai tipe dan ukuran standarnya.

    Beberapa merek mobil juga ada yang mencantumkan keterangan tersebut di dekat tutup tangki bahan bakar. Menggunakan ban sesuai standar pabrik jauh lebih aman dan nyaman dibandingkan memodifikasi atau menggunakan jenis dan ukuran yang tidak sesuai ketentuan pabrikan.

    • Gunakan Ukuran Ban yang Tepat

    Cara memilih ban mobil yang tepat berikutnya dengan menyesuaikan ukuran ban dengan standar dari pabrikan. Pastikan tidak menggunakan ukuran ban yang lebih 2 inci dari ukuran velg standar yang sudah ditentukan.

    Sebagai contohnya ukuran standar velg ring adalah 14, maka ukuran maksimal ban yang bisa digunakan adalah ring 16. Mengapa harus demikian? Ini karena ukuran ban yang terlalu besar akan membahayakan laju mobil.

    Tapak ban yang tidak sesuai standar dan terlalu lebar akan mengganggu performa mobil. Pasalnya, ban yang lebih lebar akan lebih besar pula mengalami rolling resistance

    • Sesuaikan Jenis Tapak Ban Berdasarkan Kebutuhan

    Tips ganti ban mobil selanjutnya, yaitu memilih jenis tapak ban yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran terdapat beberapa jenis tapak yang berbeda, di antaranya yaitu:

    1. Highway Terrain (HT) adalah jenis tapak ban yang digunakan khusus untuk berkendara di jalan raya atau jalan beraspal yang cenderung memiliki permukaan halus.
    2. All Terrain (AT) adalah jenis tapak ban yang didesain untuk permukaan jalan beraspal dan jalan dengan permukaan yang kasar seperti jalanan yang masih berupa tanah.
    3. Mud Terrain adalah jenis tapak ban yang digunakan berkendara di jalan dengan permukaan yang cukup kasar atau off road. Jenis tapak ban satu ini sangat cocok untuk mobil yang sering digunakan bepergian ke wisata alam dan tidak cocok digunakan untuk berkendara di jalanan beraspal.
    • Pertimbangkan Ketebalannya