Berita

    Featured Image

    Kaca Mobil akan Cepat Rusak jika Sering Terkena Benda Ini

    Menjadi salah satu komponen penting bagi keindahan dan keamanan mobil Anda, kaca mobil menjaga agar kondisinya tetap baik adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

    Dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan, ternyata terkena berbagai benda tertentu dapat membuatnya menjadi cepat rusak.

    Nah, untuk mengetahui apa sajakah itu, mari simak seluruh isinya lewat pembahasan yang akan dibahas.

    Berbagai Benda yang Dapat Merusak Kaca Mobil

    Dalam memahami potensi bahaya dan kerugian dari rusaknya kaca pada mobil yang Anda miliki, ternyata benda-benda umum seperti berikut ini dapat membuatnya jadi cepat rusak jika sering terkena.

    Lantas, apa sajakah itu?

    Simak seluruhnya pada pembahasan berikut ini:

    • Kekurangan atau Kehabisan Refrigeran

    Sebagai sebuah benda yang mampu membuat AC mobil menjadi dingin, kekurangan atau bahkan kehabisan refrigerant atau paling umum disebut sebagai “freon” akan membuat suhu AC menjadi tidak stabil.

    Memiliki bentuk berupa gas, refrigeran pada prosesnya akan berubah menjadi cair ketika menyerap panas dan lalu mengalirkan suhu dinginnya ke dalam ruang mobil lewat kondensor.

    Dalam proses ini, jumlah refrigeran harus mencukupi agar sistem pendinginan bisa berjalan dengan baik dan konsisten demi kenyamanan saat berkendara. 

    • Kerikil serta Puing-Puing Benda dari Jalanan

    Meski tidak terlihat berbahaya, ternyata kerikil maupun puing-puing kecil dari jalanan dapat merusak jendela mobil.

    Hal ini terjadi ketika kerikil atau puing-puing tersebut sering terlempar dengan kecepatan tinggi ke jendela mobil entah saat mobil melaju maupun tidak.

    Tekanan yang dihasilkan itulah yang akhirnya melemahkan kekuatan kaca sehingga lama-kelamaan akhirnya memecahkan benda tersebut.

    Oleh itu, pastikan jendela mobil Anda jangan sampe sering terkena kerikil maupun puing-puing jalanan.

    Kalau bisa, pasangkan saja lapisan pelindung pada jendela mobil guna memberikan pertahanan ekstra terhadap kerikil dan puing-puing tersebut jika memang tidak dapat dihindari.  

    • Bebatuan

    Sama halnya dengan kerikil, membuat kaca mobil sering terkena oleh bebatuan juga bisa mempercepat kerusakannya.

    Apalagi jika bebatuan tersebut adalah bebatuan yang tajam dan sangat keras sehingga tekanannya pada jendela mobil menjadi lebih kuat.

    Oleh itu, pastikan jendela mobil dipasang perlindungan ekstra dan bahkan kalau bisa hindari untuk sering terhantam oleh bebatuan.

    • Hujan Asam

    Seperti yang Anda ketahui, kondisi alam sekarang sudah sangat berubah sehingga hujan di masa sekarang pun paling sering dan banyaknya adalah hujan asam akibat adanya pencemaran udara.

    Seperti namanya, hujan asam ini sifatnya asam dan juga korosif terhadap banyak benda yang dikenainya secara terus-menerus, salah satunya jendela mobil.

    Oleh itu, saat hujan turun, pastikan mobil Anda tidak terlalu sering terkena hujan asam tersebut karena lama-kelamaan jendela dari mobil Anda akan mengalami kerusakan akibat benda tersebut.

    • Kotoran Burung

    Meski terdengar sepele, secara mengejutkan terkena kotoran burung pada jendela mobil Anda bisa merusaknya jika terlalu sering.

    Ini dikarenakan oleh kotoran burung memiliki sifat yang korosif sehingga meski tidak membuat jendela rusak parah namun dapat mendegradasi permukaannya.

    Oleh itu, begitu kotoran burung jatuh ke kaca, segera bersihkan agar kemungkinan korosifnya bisa dihindari. 

    • Getah Pohon

    Sama halnya seperti kotoran burung, sifat korosif dari getah pohon dapat merusak jendela mobil Anda.

    Oleh itu, pastikan Anda langsung bersihkan jendela mobil begitu getah tersebut mengenainya, supaya potensi kerusakan bisa dicegah.