Berita

    Ketahui Penyebab Spion Elektrik Mobil Tidak Berfungsi

    Peran spion tentu sangat penting Anda sebagai pengemudinya. Terutama ketika akan melakukan manuver putar balik atau berbelok. Anda perlu memastikan jika keadaan sudah aman terlebih dahulu di spion. Lalu bagaimana jika spion elektrik tidak berfungsi?

    Spion elektrik sendiri komponen yang menyertai mobil keluaran terbaru, di mana pengemudi tidak perlu lagi mengatur spion secara manual. Kini cukup dengan saklar yang ada di dashboard dan pengemudi sudah bisa mengatur posisi spion sesuai kehendaknya.

    Jika spion tersebut tidak bekerja, tentu hal ini bisa membuat Anda kesulitan untuk mengaturnya ke posisi yang Anda inginkan ketika mengemudi. Oleh karenanya Anda perlu tahu apa saja penyebab spion elektrik Anda tidak berfungsi dengan baik!

    Inilah 5 Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

    Ketika akan melakukan perpindahan jalur atau ketika akan putar balik dan berbelok, sebagai pengemudi tentu Anda ingin menjangkau blind spot dari mobil. supaya Anda bisa melakukan manuver dengan aman. Untuk itulah peran spion pada mobil. 

    Karena beberapa keadaan bisa membuat spion elektrik tidak berfungsi. Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

    • Gear Mobil Rusak

    Gear merupakan salah satu komponen yang ada dalam spion elektrik. Gear berfungsi untuk menjaga putaran spion kembali normal setelah spion dilipat. Gear yang rusak tentu tidak akan berfungsi dengan baik dan spion elektrik pun sulit diatur posisinya.

    Hal itu biasanya disebabkan karena penggunaan jangka panjang sehingga gear sudah dalam keadaan aus dan perlu diganti dengan yang baru.

    • Melipat Spion Elektrik Dengan Cara Manual

    Kebiasaan satu ini sangat buruk untuk pemilik mobil yang dilengkapi fitur spion elektrik. Karena melipat spion elektrik secara manual bisa menyebabkan gear di dalam spion patah.

    Apalagi jika menggunakan tenaga yang besar. Jika Anda pemilik mobil dengan fitur spion elektrik, usahakan jangan melanjutkan kebiasaan ini. Kecuali jika spion elektrik mobil Anda tidak bisa berfungsi dengan baik.

    Jika begitu Anda perlu segera membawanya ke bengkel untuk segera diperbaiki supaya Anda tidak kerepotan mengatur manual selama berkendara.

    • Sekring Spion Elektrik Terputus

    Sekring mobil berfungsi untuk mengamankan aliran listrik mobil ketika ada peningkatan arus listrik melebihi keadaan normal. 

    Jika sekring pada spion terputus, maka aliran listriknya pun juga turut terputus. Sehingga, spion elektrik tidak bisa digerakkan melalui saklar di mobil.