Ketahui Bagian Dari Busi Mobil & Fungsinya

Busi merupakan bagian penting dalam mobil. Apabila busi mobil mengalami kerusakan, maka mesin mobil tidak akan bisa hidup, dan mobil tak akan dapat melaju. Bentuknya kecil tetapi punya peranan yang vital dalam mesin bensin.
Busi mobil bertugas memantik campuran bensin dan udara agar terbakar dalam ruang bakar, lalu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil. Selain itu busi juga berfungsi menarik panas dari ruang pembakaran yang kemudian akan dilanjutkan ke sistem pendingin mobil
Bagian Busi Mobil dan Fungsinya
Meskipun ukuran busi kecil, tetapi komponen yang satu ini terdiri dari banyak bagian yang masing-masing punya fungsinya sendiri. Di antaranya ada:
- Elektroda
Busi mobil terdiri dari dua elektroda, ada elektroda negatif dan tengah. Arus listrik yang diterima busi dari koil, akan memunculkan bunga api yang dibutuhkan dalam pembakaran. Percikan api tersebut muncul dari elektroda tengah ke elektroda yang negatif.
- Terminal
Bagian terminal pada busi berada di bagian ujung, terhubung pada kabel bertegangan tinggi. Lewat terminal inilah busi menerima aliran arus listrik yang berasal dari koil. Terminal terbuat dari bahan baja.
- Ribs/Corrugations
Letaknya ada di bawah terminal dengan bentuk yang bergelombang. Corrugations berfungsi untuk menjaga agar arus listrik tidak merambat ke komponen mesin yang lain. Bagian ini juga mencegah terjadinya flash over, yaitu aliran listrik merambat langsung dari terminal ke bagian bodi besi.
- Insulator
Insulator terbuat dari bahan keramik. Bagian ini berfungsi mengisolasi untuk menjaga arus listrik tidak keluar dari bagian elektroda tengah. Selain itu insulator juga berperan dalam memindahkan panas ke bagian kepala silinder.
- Ring
Ring atau cincin busi ini berfungsi untuk merapatkan bagian insulator dengan bodi atau cangkang busi.
- Cangkang/ Bodi
Cangkang merupakan badan busi yang menopang bagian insulator supaya busi dapat dipasang pada kepala silinder. Selain itu bodi juga berperan menjadi penghantar panas
- Gasket
Gasket merupakan penutup yang fungsinya mencegah kompresi pada ruang bakar tidak sampai mengalir keluar.
- Inti Elektroda
Inti elektroda umumnya terbuat dari bahan tembaga. Komponen ini memiliki fungsi menghantarkan arus listrik ke terminal.
- Elektroda Ground
Komponen ini berada paling ujung dan terhubung ke bagian ground kendaraan. Elektroda ground memungkinkan arus listrik berpindah ke initi elektroda. Komponen yang disebut kepala busi ini umumnya terbuat dari campuran material logam, nikel, tembaga, dan juga besi.
- Ignition Coil
Ignition coil memiliki fungsi untuk mengubah atau meningkatkan tegangan rendah misalnya 12 volt menjadi tegangan tinggi, bisa sampai 10.000 volt atau lebih. Sehingga dapat menghasilkan bunga api pada busi.
- Hex
Hex merupakan soket yang dipakai untuk memasang busi mobil
- Copper core
Copper core adalah inti tembaga yang berfungsi menghantarkan arus listrik dalam jumlah besar.
- Spark gap
Celah busi yang berpengaruh pada hasil bunga api busi.
- Insulator Tip
Komponen ini berfungsi menjadi tempat pembakaran dalam suhu yang amat tinggi.
- Metal Case
Metal case berfungsi sebagai pengunci busi dengan bagian dari kepala silinder. Serta menjadi konduktor panas.
Cara Kerja Busi
Ignition coil atau koil pengapian akan menciptakan tegangan listrik tinggi, saat ada arus listrik yang mengalir dari kepala busi. Setelah itu komponen piston akan mulai bergerak, mencampurkan bahan bakar dengan udara di ruang pembakaran.
Campuran tersebut menghasilkan energi panas dan bunga api atau percikan api, yang akan digunakan menjadi energi untuk menggerakkan komponen-komponen mesin mobil.
Demikianlah penjelasan tentang bagian-bagian dalam busi mobil. Komponen yang berukuran kecil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuat mesin mobil bisa menyala. Pastikan Anda rajin mengecek kondisi busi dan jika menemukan permasalahan, segeralah jadwalkan service mobil anda di bengkel resmi Suzuki melalui website https://www.suzukimargondadepok.co.id/ .