Berita

    Featured Image

    Ketahui Bagian Dari Busi Mobil & Fungsinya

    Busi merupakan bagian penting dalam mobil. Apabila busi mobil mengalami kerusakan, maka  mesin mobil tidak akan bisa hidup, dan mobil tak akan dapat melaju. Bentuknya kecil tetapi punya peranan yang vital dalam mesin bensin. 

    Busi mobil bertugas memantik campuran bensin dan udara agar terbakar dalam ruang bakar, lalu menghasilkan  tenaga untuk menggerakkan mobil. Selain itu busi juga berfungsi menarik panas dari ruang pembakaran yang kemudian akan dilanjutkan ke sistem pendingin mobil 

    Bagian Busi Mobil dan Fungsinya

    Meskipun ukuran busi kecil, tetapi komponen yang satu ini terdiri dari banyak bagian yang masing-masing punya fungsinya sendiri. Di antaranya ada:

    • Elektroda 

    Busi mobil terdiri dari dua elektroda, ada elektroda negatif dan tengah. Arus listrik yang diterima busi dari koil, akan memunculkan bunga api yang dibutuhkan dalam pembakaran. Percikan api tersebut  muncul dari elektroda tengah ke elektroda yang negatif.

    • Terminal

    Bagian terminal pada busi berada di bagian ujung, terhubung pada kabel bertegangan tinggi. Lewat terminal inilah busi menerima aliran arus listrik yang berasal dari koil. Terminal terbuat dari bahan baja.

    • Ribs/Corrugations

    Letaknya ada di bawah terminal dengan bentuk yang bergelombang. Corrugations berfungsi untuk menjaga agar arus listrik tidak merambat ke komponen mesin yang lain. Bagian ini juga mencegah terjadinya flash over, yaitu aliran listrik merambat langsung dari terminal ke bagian bodi besi. 

    • Insulator

    Insulator terbuat dari bahan keramik. Bagian ini berfungsi mengisolasi untuk menjaga arus listrik tidak keluar dari bagian elektroda tengah. Selain itu insulator juga berperan dalam memindahkan panas ke bagian kepala silinder.

    • Ring

    Ring atau cincin busi ini berfungsi untuk merapatkan bagian insulator dengan bodi atau cangkang busi.

    • Cangkang/ Bodi

    Cangkang merupakan badan busi yang menopang bagian insulator supaya busi dapat dipasang pada kepala silinder. Selain itu bodi juga berperan menjadi penghantar panas

    • Gasket

    Gasket merupakan penutup yang fungsinya mencegah kompresi pada ruang bakar tidak sampai mengalir keluar. 

    • Inti Elektroda