Berita

    5 Penyebab Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

    Banyak orang yang menganggap bahwa kendaraan mobil berasap hitam yang bermasalah. Ternyata asap knalpot mobil berwarna putih juga sama bermasalahnya. Bagi Anda yang belum memahami bahwa terdapat dua jenis asap putih yang muncul dari knalpot mobil.

    Jenis-jenis tersebut adalah asap putih tebal dan asap putih tipis. Keduanya mengindikasikan hal yang berbeda dan Anda wajib mengetahuinya. Asap putih tebal yang muncul dari knalpot mobil perlu Anda awasi dan cari masalahnya.

    Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai berbagai penyebab mobil Anda mengalami knalpot putih tebal. Asap putih dari knalpot menjadi indikator bahwa ada yang tidak beres pada mobil Anda dan hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

    Penyebab Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

    Ada beberapa masalah yang menjadi latar belakang mengapa asap knalpot mobil Anda berwarna putih. Hal ini wajib diketahui sebagai informasi karena dapat berpotensi adanya kerusakan pada mobil yang jika dibiarkan dapat membahayakan Anda.

    Perlu diingat, hal ini berlaku jika mobil Anda mengeluarkan asap putih pekat dan buka asap tipis. Jika mengalami kemunculan asap putih tebal, Anda wajib waspada. Berikut ini 5 penyebab munculnya asap putih pada knalpot mobil Anda:

            1. Mobil Anda Sudah Tua

    Penyebab pertama adalah usia mobil Anda yang sudah tua. Usia mobil yang sudah berumur akan mempengaruhi kinerja mesin yang tentunya sudah tidak lagi optimal. Maka dari itu, jika mobil Anda sudah berumur, mungkin saatnya untuk dirumahkan saja.

    Hal tersebut mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemogokan di jalan. Atau yang lebih parah dapat menyebabkan polusi yang lebih parah akibat asap putih tebal yang muncul dari knalpot mobil Anda.

            2. Terdapat Sisa Air Pada Knalpot

    Penyebab asap knalpot mobil berwarna putih kedua adalah adanya sisa air pada knalpot. Karena knalpot mobil yang dapat menampung genangan air ketika hujan, banjir ataupun selesai dicuci. Untuk menanganinya, Anda cukup membiarkan air di dalam knalpot mengering beberapa saat.

            3. Oli Mesin Bocor Ke Ruang Pembakaran

    Keempat, penyebab timbulnya asap putih yang tebal dari knalpot mobil Anda adalah kebocoran yang terjadi pada ruang pembakaran yang diakibatkan oleh oli mobil. Hal yang terpenting yang dapat Anda lakukan adalah untuk tidak membiarkan masalah ini terlalu lama.