Berita

    Featured Image

    Mobil Susah Menyala? Cek Kondisi Sparepart Ini

    Mobil susah menyala bukanlah masalah baru karena sudah sering dialami pemilik kendaraan roda empat. Penyebabnya bermacam-macam tapi yang paling utama karena kurang perawatan, sehingga membuat bagian-bagian mobil tidak berfungsi optimal.

    Jika tidak ingin mengalami masalah ini sebaiknya melakukan servis secara rutin di bengkel resmi agar kerusakan-kerusakan kecil dapat terdeteksi secepat mungkin. Jika masalah tersebut sudah terjadi maka Anda perlu mengecek kondisi beberapa sparepart berikut ini.

    6 Masalah Sparepart yang Menyebabkan Mobil Susah Menyala

    Mobil sulit menyala sebenarnya permasalahan yang kompleks karena penyebabnya tidak hanya dari satu komponen saja. Berikut sparepart yang harus Anda cek ketika mobil sulit menyala saat distarter.

    1. Busi

    Kemungkinan mobil tidak bisa menyala karena busi mengalami masalah, entah karena termakan usia atau kotor. Celah busi yang terlalu sempit atau lebar juga bisa menyebabkan masalah ini. 

    Jika busi terlihat kotor Anda hanya perlu membersihkannya tapi jika terlihat aus atau usang sebaiknya segera diganti agar mobil kembali normal. 

    1. Aki

    Sparepart selanjutnya yaitu aki jika tingkat tegangnya berkurang maka mobil akan sulit dinyatakan. Aki merupakan sumber energi listrik pada mobil yang menyuplai tenaga ke dinamo starter.

    Jika aki bermasalah maka dinamo starter tidak berputar secara normal, sehingga membuat mobil sulit dihidupkan. 

    Untuk mengecek tegangan aki Anda bisa mengukurnya menggunakan multimeter atau voltmeter. Jika hasilnya di bawah 12 Volt maka tegangannya sangat lemah. 

    1. Water Temperature Sensor

    Jika mobil Anda menggunakan jenis mesin injeksi maka kemungkinan masalah ini disebabkan karena masalah pada bagian Water Temperature Sensor (WTS). Sparepart ini berfungsi sebagai sensor suhu yang bertugas mendeteksi suhu mesin.

    Jika WTS rusak maka sistem injeksi juga ikut bermasalah sehingga membuat mobil susah menyala dan sering mogok.  

    1. Pompa Bensin

    Mobil tidak mau nyala juga bisa disebabkan karena pompa bensin rusak. Jika bagian ini rusak maka sistem pembakaran juga akan terganggu karena aliran bensin tidak berjalan lancar, sehingga membuat mobil sulit distarter.

    Jika pompa bensin sudah rusak sebaiknya segera diganti dengan yang baru agar sistem pembakaran kembali normal. 

    1. Alternator

    Kerusakan pada bagian alternator dapat menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa hidup. Komponen ini memiliki fungsi penting yakni sebagai penyalur aliran listrik ke aki. 

    Meskipun aki masih dalam  kondisi bagus, mobil tidak akan hidup jika alternator bermasalah. 

    Sebenarnya komponen ini tidak mudah rusak, biasanya kerusakannya disebabkan karena usia. Masa pakai alternator biasanya sekitar 8 tahun jika usianya lebih dari itu sebaiknya segera diganti.

    1. Koil

    Sparepart terakhir yang menyebabkan mobil susah distarter adalah kerusakan pada bagian koil. Komponen ini berfungsi menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke bagian aki. Lalu aliran listrik tersebut dialirkan ke busi untuk mematik pijaran api.

    Koil mobil yang rusak ditandai dengan tingkat suhunya yang terlalu tinggi sehingga terasa sangat panas. Kerusakan pada koil juga bisa diketahui dengan munculnya retakan hingga menyebabkan listrik bocor. 

    Itulah tadi beberapa jenis sparepart yang perlu dicek saat mobil tidak bisa menyala saat distarter. Jika Anda kurang paham dengan bagian-bagian sparepart tadi sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel Suzuki terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.