Berita

    Ketahui 5 Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan.

    Mabuk kendaraan memang hal yang sangat tidak mengenakan dan ini tidak bisa dianggap sepele karena sangat mengganggu perjalanan. Penyebabnya sendiri ada banyak, mulai dari memang kebiasaan pribadi, kondisi jalan yang berkelok atau rusak, dan lainnya. 

    Kendati demikian, ada banyak cara pula untuk menghilangkan mabuk saat berkendara ini. Cegah dengan mencoba sejumlah tips dalam penjelasan selengkapnya berikut ini. 

    Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan 

    Malas bepergian jauh dengan naik mobil atau bus karena mudah mabuk di perjalanan? Cobalah beberapa cara berikut untuk mencegah mabuk perjalanan. 

    • Hindari Makan Berlebihan

    Ketika bepergian jauh, tubuh memang membutuhkan energi. Namun, bukan berarti Anda harus makan dalam porsi banyak. Justru, tidak disarankan makan terlalu banyak karena bisa memicu mabuk saat di perjalanan. 

    Makan berlebihan akan membuat kinerja lambung terganggu, sedangkan posisinya Anda sedang dalam perjalanan. Hal tersebut membuat proses pencernaan makanan tergoncang-goncang, terutama ketika melewati jalanan yang rusak atau berkelok-kelok. 

    Akibatnya, timbul rasa mual yang akan membuat Anda mengalami mabuk perjalanan. Gejala awalnya mungkin Anda akan merasa pusing dan lemas hingga pada akhirnya tidak sanggup menahan kontraksi dalam perut sehingga jadi mual dan muntah. 

    Selain itu, hindari juga makan makanan yang kadar lemaknya tinggi, terlalu pedas, atua berminyak. Jenis-jenis makanan tersebut juga memicu terjadinya mual. Meski begitu, jangan pula membiarkan perut kosong karena itu juga bisa membuat Anda mudah mual. 

    • Hindari Duduk di Atas Area Ban 

    Tempat duduk yang dekat dengan area ban biasanya mengalami goncangan yang lebih besar dibandingkan bagian lainnya. Apalagi jika kondisi jalan tersebut berlubang, berkelok, atau kendaraan direm tiba-tiba, maka goncangan makin terasa di tempat duduk yang dekat ban. 

    Goncangan tersebut akan sangat tidak nyaman di perut hingga membuat pusing dan mual. Makin lama menahan, Anda akan sakit perut hingga pada akhirnya menyerah dan mengalami mabuk kendaraan. Sebab itu, hindarilah duduk pada area tersebut dan pilihlah kursi depan. 

    • Kurang Tidur

    Mungkin Anda memiliki pikiran untuk tidur saja agar tidak mabuk sehingga memilih untuk mengurangi waktu istirahat sebelum bepergian. Justru ini keputusan yang kurang tepat karena membuat tubuh Anda lebih lemas sehingga mudah mabuk.