Berita

    Simak Fungsi Roof Rail pada Atap Mobil

    Roof rail merupakan dudukan berbentuk seperti rel yang membujur. Bagian ini biasa digunakan untuk memasang roof rack ketika seseorang membawa barang berlebihan.

    Meski bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan, masih ada beberapa orang memiliki tidak menggunakan bagian mobil satu ini. Salah satu alasannya adalah menjaga bentuk kerangka mobil agar tetap sempurna.

    Pada beberapa mobil juga tidak dilengkapi dengan roof rail. Jadi, jika Anda membutuhkan bagian ini, Anda dapat membeli secara terpisah di toko aksesoris mobil. Namun tetap saja, terdapat beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan.

    Pertama, Anda harus memperhatikan ukuran dan tipe antara mobil dengan aksesoris tambahan. pastikan bagian ini memiliki ukuran dan tipe yang sama agar tidak ada bagian yang tidak enak dipandang.

    Kedua, pemasangan tambahan rail pada atap juga harus dilakukan oleh orang yang mengerti tentang otomotif dan aksesoris. Pasalnya, jika pemasangan dilakukan secara sembarangan, maka keamanan mobil akan terancam.

    Ketiga, biaya. Pastikan Anda benar-benar membutuhkan dudukan ini agar Anda tidak merasa sia-sia. Anda perlu mengocek kantong untuk membeli dan melakukan pemasangan. Sangat disayangkan, jika rail atap ini tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

    Lain halnya dengan mobil yang sudah memiliki dudukan bawaan dari pabriknya. Anda tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli dan memasang. Selain itu, pabrik juga menjamin mengenai tipe, ukuran, dan keamanan bagi mobil itu sendiri.

    Terdapat beberapa jenis mobil yang telah dilengkapi komponen ini diantaranya,Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross. Suzuki Ignis tipe GX, Suzuki XL7, Wuling Cortez CT, dan Wuling Confero S.

    Fungsi Roof Rail pada Atap Mobil

    Terdapat dua fungsi utama keberadaan rail pada atap mobil, yaitu sebagai berikut:

            1. Estetika Mobil

    Secara visual, keberadaan roof rail mengundang perhatian orang banyak. Mobil yang menggunakan komponen ini dinilai memiliki tampilan yang lebih gagah, keren, dan menarik.

            2. Menyangga Bagian Roof Rack

    Tidak hanya sebagai estetika mobil, bagian atap mobil sering dimanfaatkan sebagai ruang tambahan untuk menyimpan barang. Sebelum barang diletakkan, perlu dipasang roof rack atau rak khusus atau biasa juga dikenal dengan istilah roof box.

    Roof rack merupakan dek yang berada di atap mobil berfungsi untuk menyangga agar barang-barang dapat diletakkan di atap mobil. Sedangkan roof box adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan barang bawaan Anda dalam satu tempat atau boks.