Berita

    Ketahui Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat di-Gas

    Pernahkah Anda mengalami suara mesin mobil kasar pada saat di gas? Jika ya, hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya berkaitan dengan oli, AC, dan komponen lainnya. Suara yang dihasilkan dapat terdengar seperti gerungan atau suara gesekan logam. 

    Suara mengganggu tersebut dapat terdengar ketika Anda menginjak pedal gas. Jika Anda mengalami hal seperti itu, segeralah mencari tahu penyebabnya untuk segera dilakukan perbaikan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

    Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

            1. Kompresor AC

    Hal pertama yang dapat menjadi penyebab munculnya suara mesin mobil kasar ialah adanya gangguan pada kompresor AC mobil. Kurangnya oli atau terlalu banyaknya kotoran pada kompresor dapat menghasilkan suara kasar saat mesin dinyalakan. 

    Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan flushing atau pembersihan komponen kompresor. Namun jika sudah dibersihkan masih terdengar suara kasar, kemungkinan besar terdapat komponen yang perlu diganti.

            2. Oli Mesin

    Volume oli yang terlalu sedikit atau kualitas oli yang sudah jelek juga dapat menjadi penyebab munculnya suara kasar. Untuk mengecek volume oli, Anda dapat mengeceknya melalui dipstick yang ada pada tangki oli. 

    Lalu untuk mengecek kualitas oli, Anda dapat mengetahui dari warnanya. Oli dengan kualitas yang masih bagus berwarna bening, sementara oli yang kualitasnya sudah jelek warnanya sudah berubah menjadi kecoklatan bahkan menghitam. 

    Ini disebabkan oleh kotoran yang sudah bercampur dengan oli. Fungsi dari oli disini sebagai peredam gesekan yang terjadi pada mesin. Maka dari itu, selalu pastikan kualitas oli pada mobil baik dan mencukupi. 

            3. Pompa Oli Mesin

    Jika kondisi oli masih bagus namun tetap terdengar suara mesin mobil kasar, kemungkinan lainnya yaitu terjadi masalah pada pompa oli mesin. Pompa oli sendiri berfungsi untuk memompa oli hingga tersalurkan ke seluruh komponen mesin. 

    Maka jika terjadi masalah pada pompa oli, oli tidak dapat tersalurkan secara maksimal dan akan menghasilkan gesekan kasar pada komponen yang mesin. 

            4. Sabuk Kendaraan

    Tali kipas atau sabuk yang bermasalah biasanya disebabkan oleh adanya sumbatan akibat debu, tapi kipas yang kering, atau ukurannya yang kurang pas dan akan menghasilkan suara yang menyerupai decitan.