Berita

    Cara Mengatasi Blind Spot yang Harus Anda Tahu

    Titik buta atau blind spot adalah area yang ada di sekeliling mobil pengemudi. Ukuran titik buta ini biasanya akan semakin besar apabila ukuran kendaraan juga ikut besar. Sebaliknya jika ukuran mobil kecil, maka titik buta dari mobil juga ikut mengecil ukurannya. 

    Area tersebut merupakan area yang tidak bisa dilihat dan dideteksi dari sisi pengemudi. Sehingga jika ada gangguan kendaraan atau gangguan lainnya. 

    Area Titik Buta

    Ada beberapa area yang menjadi titik buta sehingga sangat rawan kecelakaan:

    1. Bagian belakang pada sisi kanan mobil saat berada di jalanan dua jalur dengan jarak pandang ke belakang yang makin terbatas.
    2. Area persis di belakang mobil.
    3. Munculnya pejalan kaki saat kondisi macet di jalanan.
    4. Pengemudi yang melakukan liukan di jalan dan tiba – tiba berpindah ke jalur depan mobil secara tiba – tiba. 
    5. Sisi belakang mobil di bagian sisi yang seperempat. 

    Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Blind Spot

    Ada beberapa faktor yang harus Anda ketahui mengenai apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya atau munculnya titik buta seperti:

    1. Kaca spion mobil yang memiliki keterbatasan jangkauan sehingga pengemudi kurang bisa memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar mobil. Inilah yang menyebabkan titik buta semakin besar karena pandangan pengendara terhadap lingkungan sekitar semakin besar.
    2. Kendaraan memiliki dimensi yang sangat besar. Semakin besar dimensi atau ukuran kendaraan, maka akan semakin besar pula titik buta dari kendaraan. Kendaraan yang memiliki dimensi yang besar ini biasanya adalah kendaraan berjenis bis, truk, dan lainnya.
    3. Kabin kendaraan yang memuat banyak muatan sehingga akan menutupi bagian kaca belakang. Walaupun kendaraan Anda sudah memiliki kaca bagian belakang untuk menghindari titik buta tetap saja percuma jika kendaraan Anda memuat barang yang overloud.
    4. Faktor dari alam juga dapat mempengaruhi seperti ketika hujan dan berkabut. Ini akan membatasi ruang pAndang Anda sehingga titik buta akan semakin luas.
    5. Dimensi kendaraan lain yang terlalu besar sehingga akan menutup jangkauan pandang Anda.

    Tips untuk Mengurangi blind spot agar Dapat Meminimalisir Kecelakaan

    Kondisi titik buta pada kendaraan memang tidak dapat terhindarkan, bahkan sangat sulit untuk dihindarkan. Akan tetapi Anda dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang buruk.

    1. Mengatur kaca spion sebelum menggunakan kendaraan di jalan. Anda harus mengatur ulang kaca spion Anda dan harus memastikan untuk mengakomodasi jarak pandang agar lebih luas lagi.
    2. Selalu memperhatikan kaca spion mobil Anda saat ada di jalan raya. Apalagi sebelum berpindah jalur atau berbelok. Jadi Anda harus benar – benar memperhatikan kendaraan yang ada di sekitar mobil Anda.
    3. Jangan lupa untuk membunyikan klakson pendek ketika akan menyalip kendaraan lain ketika sedang berada di jalan raya.
    4. Senantiasa mawas diri dan meningkatkan waspada ketika berada di persimpangan, tikungan, lokasi proyek, area perumahan, daerah padat bangunan, dan jalan terjal. 
    5. Anda harus memastikan kendaraan Anda sebelum bermanuver agar tetap aman saat berkendara di jalan.