Berita

    Ketahui, Cara Menghitung Denda Pajak pada Mobil

    Denda pajak mobil akan diberikan kepada pemilik kendaraan yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Pajak bagi kendaraan bermotor dibayarkan setiap satu tahun sekali. 

    Denda pajak dihitung setelah tanggal jatuh tempo, meski pemilik mobil hanya menunda membayar sehari saja tetap dikenakan denda. 

    Banyak pemilik mobil yang masih lalai atau bahkan lupa untuk melakukan pembayaran pajak, apakah Anda termasuk salah satunya? Apabila demikian, Anda harus menyiapkan dana untuk melakukan pembayaran dendanya juga.

    Perhitungan Denda Pajak Mobil 

    Denda yang dibebankan untuk penundaan pembayaran pajak kendaraan bermotor tarifnya berbeda-beda. Semuanya tergantung pada berapa lama pajak kendaraan tersebut tidak dibayarkan. 

    Mengetahui hal tersebut, Anda harus pastikan terlebih terlebih dahulu, berapa lama Anda tidak melakukan pembayaran pajak. 

    Sebagai catatan, denda untuk pajak mobil ialah 25 persen dalam 1 tahun. Apabila keterlambatan Anda adalah pada hitungan bulan, maka Anda bisa membaginya sesuai jumlah bulan tunggakan Anda. Berikut ini cara menghitung denda pajak mobil yang terlambat dibayarkan.

    • Terlambat 2 Bulan

    PKB x 25% x 2/12 +Tarif SWDKLLJ

    • Terlambat 6 Bulan

    PKB x 25% x 6/12 + Tarif SWDKLLJ

    • Terlambat 1 Tahun

    PKB x 25% x 12/12 + Tarif SWDKLLJ

    • Terlambat 2 Tahun

    2 x PKB x 25% x 12/12 + Tarif SWDKLLJ

    Tarif untuk SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas yang dibebankan bagi mobil senilai Rp100.000

    Apabila pajak tahunan untuk mobil Anda senilai Rp2.000.000 dengan keterlambatan 1 tahun, beginilah simulasi perhitungannya:

    PKB x 25% x 12/12 + Tarif SWDKLLJ

    Rp2.000.000 x 25% x 12/12 + Rp100.000 

    Berdasarkan ilustrasi dan perhitungan rumus di atas, denda pajak mobil yang harus Anda bayarkan senilai Rp600.000. 

    Anda bisa membayarkan denda bersamaan dengan melakukan pelunasan PKB dan SWDKLLJ yang tertunda sebelumnya. Semakin panjang waktu penundaan Anda dalam membayar pajak kendaraan, maka semakin naik juga besaran denda yang harus Anda bayarkan.

    Cara Membayar Pajak dan Denda Pajak Mobil

    Banyak alasan yang bisa diutarakan ketika terlambat membayarkan pajak mobil, namun saat ini skema pembayaran kian dimudahkan. Sehingga dapat meminimalisir keterlambatan Anda untuk melakukan pelunasan pajak.