Berita

    Ketahui Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

    Fungsi Kampas Kopling pada Mobil

    Sebagai pemindah daya dalam mesin mobil agar performa mobil bisa berjalan dengan baik, kampas kopling mobil merupakan salah satu komponen mobil yang penting.

    Namun, sayangnya performa mobil bisa menurun jika ternyata komponen tersebut mulai habis. Selain itu, kompas kopling yang habis juga bisa dapat menimbulkan berbagai masalah seperti mogok, mesin panas dan terbakar, kerusakan komponen mobil, hingga kecelakaan.

    Tanda Kampas Kopling Mobil Habis

    Nah, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya perhatikan ciri kampas kopling habis berikut ini:

    • Akselerasi Mobil yang Lemah

    Salah satu ciri kampas kopling mobil habis adalah akselerasi mobil yang lemah. Kondisi ini bisa Anda ketahui saat menginjak pedal mobil. 

    Ketika menginjak pedal tersebut mobil tidak bisa melaju dengan cepat. Namun, mobil tetap berhenti meskipun mesin hidup. Selain itu juga menimbulkan suara gesekan mobil.

    Akselerasi ini juga bisa menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba. Jika tidak segera diganti, bahkan bisa terjadi kecelakaan dan hal-hal berbahaya lainnya.

    • Munculnya Bau Gosong

    Kopling kampas yang habis juga dapat menimbulkan bau gosong. Bau gosong ini juga disebabkan karena kampas kopling yang hangus akibat seringnya mengalami gesekan. 

    Bau gosong ini juga bisa disebabkan saat Anda mengendarai mobil di tanjakan yang cukup curam. Pasalnya mengendarai mobil di tanjakan dapat menyebabkan gesekan kampas kopling semakin tinggi yang bisa membuat komponen tersebut terbakar. 

    • Putaran Mesin Cukup Tinggi

    Ciri kampas kopling mobil yang habis lainnya adalah putaran mesin yang cukup tinggi. Putaran mesin yang cukup tinggi ini disebabkan karena akselerasi mobil yang melemah. Dan putaran mesin yang tinggi bisa mengakibatkan mesin lebih cepat panas.

    Sehingga sangat mengganggu performa mobil saat dikendarai dengan waktu yang lama.

    • Pemindah Gigi yang Kaku

    Selain menyebabkan mesin panas, putaran mesin yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan pemindah gigi kaku dan keras. Kondisi kampas kopling yang keras ini dapat menyebabkan putaran gigi yang terhubung tidak bisa tepat. Sehingga sangat mengganggu Anda saat mengendarai mobil.

    • Selip Kopling

    Kompas kopling yang habis atau aus juga bisa disebabkan oleh selip kopling. Selip kopling ini juga bisa menyebabkan kampas kopling tidak bisa berjalan secara normal.