Berita

    Tanda-Tanda Sistem Kelistrikan Mobil Anda Bermasalah

    Sistem kelistrikan mobil adalah pusat dari aktivitas yang melibatkan kendaraan Anda. Apalagi seiring dengan teknologi yang semakin canggih, kendaraan saat ini mengandalkan sejumlah besar komponen kelistrikan.

    Misalnya saja untuk sistem pengapian atau pembakaran hingga fitur hiburan. Namun, seperti halnya setiap komponen, sistem tumpuan mobil ini tidak luput dari potensi masalah. 

    Artikel ini akan membahas tanda-tanda yang mengindikasikan adanya masalah sistem kelistrikan pada mobil.

    Ciri-Ciri Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah

    Ada banyak sekali komponen mobil yang menggunakan sistem kelistrikan. Misalnya saja lampu, sistem pembakaran, sistem hiburan  bahkan starter mobil. 

    Maka dari itu, untuk mengetahui tanda jika sistem ini bermasalah, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lihat atau rasakan. Antara lain:

    • Lampu yang Redup atau Berkedip-kedip

    Salah satu tanda yang paling mudah dikenali adalah lampu pada mobil yang redup atau berkedip. 

    Jika lampu depan, lampu belakang, atau lampu dalam kabin mengalami perubahan intensitas atau kedipan yang tidak teratur, hal ini bisa menunjukkan masalah pada sistem pengisian atau baterai.

    Solusinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan pada kabel baterai, tegangan dan komponen lampu. Bisa jadi karena ada masalah pada sistem kelistrikannya. Sehingga tidak ada tenaga yang cukup untuk menghidupkan lampu.

    • Mesin Tidak Hidup

    Mesin yang sulit untuk dinyalakan atau memerlukan waktu lebih lama dari biasanya dapat menjadi tanda adanya masalah pada sistem kelistrikan. Terutama pada starter atau baterai.

     

    mobil susah menyalaFreepik.com

    Anda bisa memeriksa sistem kelistrikan pada starter. Sebab meski baterainya penuh, maka bisa jadi ada masalah pada kelistrikannya. Apabila ada kendala seperti rusak, maka secepatnya harus diganti. 

    • Sistem Pengereman Bermasalah

    Pada mobil masa kini, sistem pengereman menggunakan kelistrikan untuk mengontrol dan mengoptimalkan kinerjanya. 

    Apabila Anda kesulitan saat menggunakan rem atau bunyi-bunyian aneh saat pengereman, dapat menandakan masalah pada sistem kelistrikan.

    Solusinya, Anda bisa memeriksa sensor dan kabel yang terkait pada sistem pengereman. 

    Kemudian jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada rem dan sensor keausan rem. Terakhir pastikan sistem ABS berfungsi dengan baik untuk memastikan sistem kelistrikan mobil.

    • Sekring Terputus

    Fungsi sekring pada mobil adalah untuk mencegah adanya komponen elektronik yang rusak. Sebab, sekring ini berfungsi untuk mengontrol arus listrik berlebih. Apabila sekringnya putus, maka listrik juga putus. Supaya perangkatnya tidak rusak.

    Untuk itu apabila sekring putus, maka harus segera ada pembenahan. Sebab itu berarti ada masalah pada komponen lain. Seperti lampu atau komponen yang terhubung dengan sekring tersebut.

    • Penurunan Performa Mesin

    Masalah pada sistem kelistrikan dapat mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan. Misalnya saja adanya penurunan daya, kendaraan terasa lambat, atau ketidakstabilan mesin dapat menjadi tanda adanya masalah kelistrikan.

    Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa sistem pengapian untuk melihat apakah ada komponen yang perlu diganti. Kemudian, pastikan sensor-sensor pada mesin berfungsi dengan baik.

    Melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan rutin pada sistem listrik mobil dapat membantu mendeteksi masalah sejak dini. Sehingga mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius. 

    Untuk itu sebaiknya ikuti rekomendasi service rutin mobil yang disarankan oleh mekanik mobil Anda.

    Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda di atas, segera konsultasikan kendaraan Anda kepada teknisi berpengalaman di suzukimargondadepok.co.id untuk mendapatkan penanganan yang tepat.