Berita

    Ketahui Penyebab Air Radiator Mobil Berkurang

    Sistem pendingin kendaraan Anda membantu menjaga panas mesin pada tingkat yang disarankan untuk pengoperasian optimal mobil Anda. Sistem ini mencakup beberapa komponen: radiator, pompa air, reservoir overflow, termostat, sensor suhu, selang, dan saluran di mesin itu sendiri untuk menyalurkan panas. 

    Termostat terbuka pada suhu yang telah ditentukan sebelumnya selama pengoperasian mesin untuk memungkinkan cairan pendingin atau yang biasa disebut dengan air radiator. Beberapa hal dapat menyebabkan air radiator berkurang sehingga cukup membahayakan performa mobil anda.

    Terkadang beberapa kasus kebocoran ini dapat dideteksi dengan jelas dan mudah, namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa air radiator yang bocor sulit dideteksi sehingga tiba-tiba berkurang. Jika Anda mengalami hal ini pada mobil Anda, pastikan untuk mencari tahu dengan cara-cara dibawah ini.

    Mengapa Air Radiator Berkurang?

    • Periksa Apakah Ada Kebocoran

    Kadang-kadang tanda-tanda seperti uap di bawah kap mesin atau tetesan di lantai garasi Anda menunjukkan bahwa Anda sedang menghadapi kebocoran air radiator, tetapi tidak selalu. Air radiator yang bocor bisa disebabkan dari selang yang retak, adanya lubang kecil di radiator Anda, atau masalah pompa air. Mungkin juga kebocoran air dari pendingin yang menguap begitu saja menjadi uap melalui defroster.

    Carilah titik kebocoran air radiator pada pagi hari setelah mobil Anda tidak digunakan cukup lama. Jika Anda menemukan genangan air di bawah area kap mobil, mungkin air radiator Anda bocor. Periksalah secara detail bagian bawah radiator Anda untuk cek kelembaban juga.

    • Periksa Tutup Reservoir

    Apabila cara diatas bukan penyebab air radiator berkurang, ada baiknya Anda periksa tutup reservoir. Tutup reservoir yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Fungsi benda ini adalah untuk membantu mengontrol tekanan dalam sistem pendingin mobil dengan mengalihkan air radiator ke tangki luapan. 

    Apabila tutupnya rusak, hal ini dapat melepaskan terlalu banyak air radiator terlalu cepat, yang menyebabkan reservoir menguap dan air radiator berkurang secara misterius. Perhatikan tanda-tandanya:

    • Selang radiator yang bocor atau pecah
    • Garis-garis putih pada radiator Anda (disebabkan oleh cairan pendingin yang bocor dan kemudian mengering)
    • Reservoir yang meluap atau tidak berfungsi dengan baik
    • Mesin yang terlalu panas
       
    • Periksa Head Gasket