Berita

    Jangan Sampai Salah! Tips Mengatur Sorot Lampu pada Mobil

    Pernahkah Anda merasa kinerja sorot lampu mobil belum maksimal di malam hari? Akhirnya visibilitas juga terganggu di jalanan gelap. Padahal Anda sudah mencari lampu yang terbaik untuk menerangi perjalanan. 

    Penyebab dari hal ini bisa jadi karena pengaturan sorot lampu yang masih belum tepat. Ya, sebelum berkendara, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dulu dan pengaturan lampu. Supaya sorotnya tepat untuk menerangi perjalanan Anda. 

    Tips Mengatur Sorot Lampu Mobil 

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur lampu pada mobil Anda. Supaya dapat meningkatkan visibilitas dan menghindari gangguan pada malam hari.

    Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur sorot lampu pada mobil:

    • Parkir di Permukaan Datar

    Tips mengatur sorot lampu mobil dengan benar yang pertama adalah memarkirkan mobil Anda di permukaan datar sekitar 7 - 7,5 meter dari dinding atau garis putih yang rata. Anda bisa memilih tembok yang rata untuk uji coba hal ini.

    Pastikan tempat tersebut memiliki cahaya yang minim. Supaya bisa mengetahui tingkat sorot mobil. 

    • Periksa Tekanan Ban

    Tekanan ban ini sangat penting untuk posisi mobil yang datar. Pastikan tekanan ban sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan ban yang salah dapat mempengaruhi posisi mobil dan sorot lampu.

    Apabila tekanan ban tidak sama, maka sebaiknya beri angin dulu sampai tekanannya sama. Baru kemudian Anda bisa melakukan pengujian sorot lampu mobil.

    Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada muatan kendaraan. Misalnya saja muatan barang atau penumpang pada bagian belakang mobil. Sebab hal ini mempengaruhi pengukuran.

    • Nyalakan Lampu Mobil

    Setelah seluruh posisi sudah tepat, Anda bisa mulai menyalakan lampu kendaraan. Kemudian ukur titik fokus sorot lampu mobil Anda. Baik itu pada sisi kanan maupun kiri.

    Anda bisa memberikan tanda sorot pada dinding supaya tidak kebingungan. Misal dengan pemberian selotip pada dinding. Supaya terlihat dengan jelas ketinggian lampu sorot apakah sama atau tidak.

    Ada dua hal yang bisa Anda pastikan, yaitu ketinggian dan kesesuaian lampu kanan dan kiri. Maka dari itu pastikan tandanya juga sesuai.

    • Atur Lampu di Kap Mobil

    Apabila Anda menemukan ketinggian yang tidak sesuai, maka coba untuk melakukan pengaturan sendiri secara manual. Letaknya berada di kap mesin. Namun tempatnya berbeda tergantung jenis mobil.