Berita

    Simak Fungsi Komponen Dryer AC Mobil Yang Kerap Dilupakan

    Bagi para pemilik kendaraan roda empat, AC mobil termasuk salah satu fitur penting yang dapat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. AC mobil memang menjadi salah satu fitur yang cukup esensial pada kendaraan karena menyangkut kenyamanan di pengendara. 

    Meski perannya penting, filter dryer AC mobil sering terlupakan dalam setiap perawatan rutin. Akibatnya saat AC mobil tidak bekerja secara optimal, maka Anda dan penumpang akan merasa tidak nyaman karena kondisi AC yang kurang dingin.

    Masalah AC yang kurang sejuk juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem AC atau adanya masalah pada bagian filter AC mobil Anda. Melalui artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang fungsi hingga cara kerja dari fitur AC mobil.

    Definisi dan Fungsi Filter Dryer AC Mobil?

    Filter receiver adalah salah satu komponen penting yang ada dalam sistem pendingin AC mobil lho. Ya, kata filter pada filter receiver berarti menyaring udara yang masuk. Sehingga dapat dijelaskan bahwa fungsi utama dari komponen filter AC ini adalah untuk menyaring, menghilangkan kelembaban dan juga kontaminan yang ada pada sistem pendingin mobil Anda.

    Anda pun harus memahami bahwa kelembaban yang masuk kedalam sistem pendingin (AC), ternyata dapat memicu kerusakan pada komponen lainnya yaitu kompresor AC. Adapun kontaminan atau kontaminasi dari kotoran, debu serta partikel lainnya, juga dapat mengganggu kinerja AC hingga dapat memicu masalah kesehatan pada penghuni kendaraannya lho.

    Ada beberapa fungsi dari dryer AC mobil yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

    • Menghilangkan Kelembaban

    Dryer AC membantu untuk menjaga udara dalam sistem AC tetap kering sehingga terhindar dari kondensasi dan kerusakan.

    • Mencegah Kerusakan pada Komponen

    Saat sistem pendingin/AC lembab, ini dapat memicu terjadinya korosi pada beberapa komponen penting seperti evaporator dan kompresor lho. Sehingga peran filter sangat dibutuhkan agar komponen penting tetap berfungsi dengan normal dan baik.

    • Kualitas Udara Lebih Terjaga

    Selain menghilangkan kelembaban, filter dryer AC mobil juga berfungsi sebagai penyaring udara untuk menyaring debu, kotoran hingga partikel-partikel lain yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan penumpang.

    • Mencegah Adanya Penyumbatan

    Ada beberapa partikel kontaminan yang tidak disaring, menjadi menumpuk pada bagian evaporator dan hal tersebut dapat menghambat aliran udara yang keluar dari AC mobil.

    • Efisiensi AC jadi Meningkat