Berita

    Penyebab Sapuan Wiper Tidak Bersih, Ini yang Harus Dilakukan

    Banyak penyebab wiper mobil tidak bekerja maksimal saat hujan. Terutama kaca depan mobil tidak kunjung bersih, saat wiper diaktifkan menyapu air hujan. Padahal visibilitas kalian sebagai pengemudi harus dapat keadaan baik agar tetap mampu berkendara dengan aman. Sebenarnya apa saja penyebab dari masalah ini?

            1. Tekanan Wiper Sudah Lemah

    Cara kerja wiper ke kaca dengan melakukan penekanan yang sesuai ketentuan agar seluruh air yang ada di sana dapat tersapu sempurna. Tentu saja sudah ada perhitungan detail untuk menentukan seberapa besar tekanan wiper ke kaca yang paling tepat.

    Namun bagaimana jika tekanan wiper ke kaca sudah lemah? Inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih. Keadaan tekanan wiper yang sudah seperti ini dapat membuat wiper bergetar saat digunakan. 

            2. Jamur Kaca Mobil

    Jamur kaca tidak begitu terlihat saat musim kering atau panas. Namun secara kasat mata bisa dikenali. Misal dilapisan kaca luar mobil terlihat ada bercak seperti pulau-pulau kecil.

    Saat mencuci, kaca mobil juga sulit kering total dan terasa kasar dilap dengan plas chamoas. Alhasil sapuan wiper tidak bisa jernih di windshield depan.

    Harga obat jamur kaca dipasaran berkisar Rp 50 ribu -150 ribu dalam ukuran botol 300 ml. Bisa untuk 3 kali pakai seluruh kaca mobil. Atau biaya di pusat perawatan mobil sekitar Rp 150 ribu.

            3. Karet Wiper Sudah Keras

    Ada beberapa komponen di dalam wiper itu sendiri. Dimulai dari frame hingga karet. Khusus untuk karet, bagian inilah yang secara langsung menyentuh permukaan kaca mobil kalian. Kondisi karet wiper memang harus dapat keadaan lembut dan elastis agar kinerjanya optimal. Namun perlu diketahui bahwa karet wiper memiliki sifat dapat keras atau getas sehingga harus diganti.

    Kondisi ini muncul karena usia pemakaian karet wiper sudah cukup lama. Karet wiper memang harus diganti secara berkala karena memang seperti itulah keharusannya. Jangan sampai kalian menganggap enteng kondisi karet wiper yang sudah keras. Selain keras, masalah lain seperti karet wiper sudah menipis juga dapat muncul. Kondisi seperti inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih. Bahkan terasa “seret” saat digunakan.

    Itu dia beberapa hal yang membuat wiper menjadi tidak bisa digunakan akibat kurang bersih sapuannya.