Berita

    Cara Menjaga Tampilan Krom Mobil Tetap Mengkilap

    Ingin kendaraan kesayangan tetap mengkilap? Pastikan Anda mengetahui cara untuk menjaga krom mobil. Pasalnya, krom sangat mempengaruhi tampilan eksterior mobil. 

    Perlu diingat, jika krom juga dapat ditemukan di sisi interior yaitu bagian yang sudah dilapisi oleh lapisan krom. Biasanya ada di bagian gagang, pelek, atau kusen pintu. Jadi, pastikan semuanya dalam kondisi bersih agar mobil tetap berkilau ya. 

    Nah, caranya gimana? Ikuti tips ini! 

    Ketahui Dulu Apa itu Krom Mobil

    Seperti namanya, krom merupakan lapisan logam yang keras dan mengkilat, biasanya terbuat dari bahan kromium. Secara umum, krom digunakan untuk melapisi bagian logam lainnya sebagai dekorasi maupun perlindungan mobil. 

    Di kendaraan roda empat, Anda dapat menemukan krom di bagian bemper, roda, gagang pintu, kisi-kisi jendela, maupun potongan trim. 

    Cara Menjaga Tampilan Krom Agar Mengkilap

    Menjaga kebersihan krom agar tampilannya tetap berkilau, caranya cukup sederhana. Hanya beberapa hal yang perlu Anda lakukan, di antaranya: 

    1. Rajin Membersihkan Mobil 

    Kendaraan yang sering dipakai, akan lebih mudah kotor. Banyak debu atau kotoran yang menumpuk di setiap bagian. Bila tidak dibersihkan, kotoran ini akan merusak krom maupun body mobil. 

    Oleh karena itu, rajinlah membersihkan mobil, minimal dicuci setiap satu minggu sekali atau tiap 15 hari sekali. Hal ini disesuaikan dengan intensitas penggunaan kendaraan. 

    Selain itu, bersihkan debu-debu atau kotoran lainnya menggunakan kain lembut seperti microfiber agar tidak menimbulkan lecet di bagian body mobil. 

    Ingat, jangan memakai bahan kimia untuk membersihkan mobil, sebab bisa merusak bagian krom. 

    Pexels.com

    2. Bersihkan dengan Pelan-Pelan

    Seperti halnya ketika memilih produk pembersih krom, Anda juga harus berhati-hati dalam membersihkannya. Gosok dengan pelan-pelan agar tidak membuatnya cepat rusak atau menimbulkan goresan. 

    Gunakan kain microfiber untuk menggosok bagian krom yang kotor. Bisa juga menggunakan minyak kayu putih setelahnya biar warna krom kembali berkilau dan nggak pudar. 

    3. Manfaatkan Pasta Gigi untuk Membersihkan Krom

    Pasta gigi tidak hanya untuk membersihkan kerak yang ada di gusi maupun sela-sela gigi, tetapi bisa juga menjadikan krom mobil kembali kinclong. 

    Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke tiap bagian krom yang kotor. Diamkan selama beberapa menit. Tetapi, jangan sampai pasta gigi mengering, ya. Pasalnya, itu akan menyulitkan Anda ketika membersihkannya. 

    Setelah reaksi pasta gigi mulai terlihat, bersihkan memakai kain microfiber atau kain lembut lainnya. Selanjutnya, bilas hingga bersih menggunakan air untuk melihat hasilnya. 

    4. Keringkan Bagian Krom yang Sudah Dibersihkan

    Pastikan Anda mengeringkan bagian krom yang dibersihkan memakai handuk maupun microfiber. Tujuannya, agar krom tidak mudah berkarat. Selain itu, pengeringan yang sempurna dapat menjaga krom tetap berkilau. 

    5. Gunakan Lilin Khusus Krom

    Cara lainnya, Anda dapat menggunakan lapisan lilin yang khusus untuk krom. Oleskan secara tipis di tiap sisi krom. Biarkan bereaksi sebelum membersihkannya menggunakan kain lembut. Bilas dan keringkan. Maka, Anda akan melihat hasilnya. 

    Apabila Anda menjaga kelima hal tersebut sebagai rutinitas, krom mobil akan tetap kinclong dan tidak akan mudah rusak.