Berita

    Ketahui Cara Pasang Sensor Kamera Pada Mobil

    Sensor kamera mobil bisa memudahkan Anda memeroleh penglihatan jelas terhadap objek yang ada di belakang. Khususnya saat mundur atau parkir. Apabila mobil Anda tidak atau belum memiliki fitur satu ini, maka segera pasang dengan tata cara yang tetap. 

    Untuk saat ini sendiri, fitur sensor rear camera atau kamera belakang merupakan perangkat wajib yang sebaiknya tersedia di mobil-mobil modern. Nah, selaras dengan julukannya, kamera satu ini diinstal di bagian belakang suatu mobil.

    Sekilas Tentang Sensor Kamera Mobil

    Supaya pengemudi bisa mendapatkan penglihatan yang jelas mengenai objek yang ada pada bagian belakang, maka fitur satu ini dibagi menjadi 2, yakni kamera yang terpasang pada bagian belakang dan monitor head unit.

    Biasanya, sensor kamera ini menggunakan lensa jenis wide angle. Ini bertujuan agar mempermudah penangkapan gambaran objek yang lebih luas di belakang kendaraan. Kini terdapat juga sensor kamera berinfra-merah untuk melihat objek kala malam atau berkabut.

    Sensor kamera di mobil dapat bekerja apabila tuas transmisi Anda geser menjadi posisi R. Soal penyebutannya sendiri, selain sensor kamera di mobil, fitur satu ini pun dijuluki sebagai kamera parkir atau kamera mundur.

    Cara Memasang Sensor Kamera Mobil

    Memasang atau menginstal sensor kamera pada mobil sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah. Apa sajakah langkah-langkah tersebut? Untuk mengetahuinya, ikuti informasi berikut!

    • Persiapkan Sensor Kamera

    Tentu saja langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan perangkat itu sendiri. Anda dapat mendapatkannya lewat membeli di toko aksesoris khusus mobil.

    Soal model, Anda dapat menyesuaikan selera atau preferensi. Akan tetapi jauh lebih baik apabila perangkat yang Anda pilih memiliki braket. Sebab, hal tersebut mempermudah penginstalan kamera pada bodi mobil.

    • Membongkar Head Unit

    Apabila kamera sudah siap, langkah berikutnya yakni membongkar head unit mobil. Pastikan komponen satu ini telah berupa layar LCD. Apabila head unit masih single din, dapat dipastikan sensor kamera mundur tidak dapat diinstal.

    Demi membongkar head unit, Anda perlu memperhatikan petunjuk pembongkarannya sesuai buku panduan atau manual. Berhati-hatilah ketika membongkar monitor, pastikan tiada klip patah agar tidak merepotkan ketika dipasang lagi.