Berita

    Ketahui Penyebab Dempul Mobil Retak dan Solusinya

    Salah satu cara untuk memoles mobil yang penyok adalah dengan dempul mobil. Namun body repair ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus dilakukan dengan hati-hati supaya tak mudah retak.

    Tak hanya proses pendempulan yang asal-asalan. Ada beberapa penyebab dempul pada mobil bisa retak bahkan mengelupas. Apa saja ya? Simak yuk…

    Tips Dempul Mobil yang Tahan Lama dan Tak Mudah Retak.

    Sebelum melakukan perbaikan body mobil, ada hal yang harus Anda perhatikan. Supaya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika ada keretakan dempul karena ternyata tak tahan lama. Berikut penyebab yang harus Anda perhatikan!

            1. Proses pendempulan yang asal

    Proses perbaikan body mobil ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sebab jika asal, maka efek ke depannya bisa mudah retak.

    Nah, ketika Anda membawa ke bengkel pun, harus dipilih tenaga yang ahli. Anda harus memastikan hal-hal ini supaya proses pendempulan bisa dilakukan dengan baik. 

    • Pengamplasan body sempurna

    Sebelum didempul, body mobil harus diamplas hingga bersih. Artinya, tidak ada jamur, kotoran hingga karat yang tersisa pada mobil. 

    Sebab, apabila ada kotoran yang tersisa, cat tidak bisa menempel dengan sempurna. Akibatnya akan mudah retak dan mengelupas.

    • Memastikan seluruh body mobil siap untuk didempul

    Setelah mengamplas, Anda harus meminta tenaga ahli memastikan setiap bagian sudah siap. Di antaranya dengan memeriksa keseluruhan panel, juga body lain yang tidak rata.

    Apabila bagian mobil sudah rata, maka baru bisa dilakukan pendempulan. 

    • Mengaplikasikan dempul dengan tipis

    Proses berikutnya yakni mendempul body mobil yang mengalami masalah. Disarankan, dempul diaplikasikan dengan tipis. Sebab jika tebal, bisa berpotensi retak.

            2. Pilih dempul yang bagus

    Meski harus dibawa ke bengkel, pastikan Anda tahu kualitas dempul yang digunakan. Sebab, dempul dengan kualitas yang buruk, membuka peluang keretakan semakin besar.

    Dempul dengan kualitas bagus memiliki ciri-ciri khusus. Di antaranya jika diaplikasikan makan terasa ringan. Kemudian apabila dicelupkan ke air, maka dempul akan mengambang.

    Namun demikian, Anda harus rela mengeluarkan kocek dalam jika memilih dempul ini. Meski hasilnya sepadan. Karena bisa lebih tahan lama.