Berita

    Perbedaan Transmisi Otomatis dan Manual yang Harus Anda Ketahui

    Agar mobil yang dikendarai bisa bergerak dibutuhkan alat yang bernama transmisi atau gearbox. Dengan alat yang satu ini kendaraan Anda bisa berpindah tempat dengan tingkat kecepatan yang berbeda-beda. 

    Tipe dan Fungsi 

    Secara umum, fungsi dari transmission pada mobil adalah untuk mengubah tenaga putar dan kecepatan mesin pada roda yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Dalam industri otomotif, gearbox terdiri dari beberapa jenis, yaitu: 

            1. Sliding Mesh

    Cara kerja transmission Sliding Mesh ini cukup sederhana yaitu dengan menggerakkan roda gigi (sliding) untuk mengatur percepatan output. Namun prosesnya cukup, itu sebabnya tipe gearbox yang satu ini sudah tidak digunakan lagi. 

            2. Constant Mesh

    Cara kerjanya mirip dengan Sliding Mesh namun telah menggunakan persneling tetap atau constant yang memiliki 5 tingkat percepatan. 

            3. Syncron Mesh

    Transmission ketiga inilah yang banyak digunakan pada kendaraan manual karena mampu memberikan perpindahan persneling lebih halus dibanding gearbox sebelumnya. 

            4. Automatic Gear Shift

    Untuk transmission yang satu ini menggunakan metode automatic gear shifting. Jadi, tingkat percepatan tetap ada namun proses pemindahan giginya berlangsung secara otomatis. 

            5. CVT

    Termasuk kategori matic namun menggunakan dua buah gear dengan variabel diameter yang berbeda ukurannya dan dihubungkan dengan sebuah belt

    Sejarah Singkat antara Manual dan Otomatis

    • Manual

    Pada tahun 1894 muncul gearbox dengan 3 percepatan di Prancis yang diciptakan oleh Emile Levassor dan Louis-Rene Panhard. Penemuan tersebut terus dikembangkan hingga pada tahun 1928 terciptalah transmisi manual pertama yang dikenalkan oleh Cadillac

    • Otomatis

    Pada tahun 1904 mulai dikembangkan transmisi otomatis di Boston mulai dari 2 percepatan hingga pada tahun 1937 terciptalah semi automatic transmission dengan 4 percepatan yang disebut dengan “Automatic Safety Transmission”. 

    Pada tahun 1948 mulailah terbentuk full automatic transmission yang pertama oleh Oldsmobile dan terus berkembang hingga tahun 1990 an seiring dengan perkembangan zaman.