Berita

    Wajib Tahu, Pentingnya Rotasi Ban Mobil & Cara Melakukannya

    Sebagai komponen mobil yang memungkinkan mobil bergerak, ban perlu dijaga kondisinya. Salah satu cara membuat ban awet lebih lama adalah rotasi ban mobil, yaitu dengan menukar posisi setiap ban mobil. 

    Misalnya ban depan ditukar dengan ban belakang yang sejajar, atau bisa menyilang. Proses rotasi ini sebaiknya Anda lakukan setiap kali jarak tempuh mobil mencapai 10.000 km. 

    Akan tetapi bila mobil sering dikendarai dalam kecepatan tinggi, jarak waktu rotasi ban jadi lebih pendek. Bisa per 5.000 kilometer. Rotasi posisi ban ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tapi lebih baik serahkan pada teknisi di bengkel resmi terdekat. 

    Alasan Pentingnya Rotasi Ban Mobil

    Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah rotasi pada ban mobil, mungkin terdengar aneh. Namun cara ini cukup efektif dalam menjaga kualitas ban. Roda ban mobil yang terus bergesekan dengan aspal atau permukaan jalan, akan menurun kualitasnya seiring waktu. 

    Berikut ini penjelasan alasan pentingnya rotasi pada ban mobil secara berkala:

    • Mencegah Keausan yang Tidak Merata

    Setelah penggunaan dalam beberapa waktu, ban mobil akan mengalami kondisi aus. Karena lapisan luar ban menipis. Namun kondisi aus ini tidak merata di semua ban. 

    Umumnya ban roda depan lebih cepat aus dibanding ban belakang. Karena ketika Anda melakukan pengereman, ban roda depan lebih cepat merespon.

    Rotasi ban dilakukan agar kondisi aus ban tidak jomplang antara setiap posisi ban. Kondisi ban jadi lebih merata.

    • Masa Pemakaian Ban Lebih Panjang

    Jika Anda tidak melakukan rotasi ban mobil dan membiarkan salah satu ban aus, maka usia pemakaiannya jadi lebih pendek. 

    Sedangkan rotasi ban dapat membuat pemakaian ban jadi lebih panjang. Sebab kondisi ban terjaga dan membuatnya jadi lebih awet. 

    • Menghemat Biaya Perawatan 

    Dengan melakukan rotasi ban, biaya perawatan ban jadi lebih hemat. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli ban baru. 

    Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil yang Benar 

    Anda memang bisa melakukan rotasi ban sendiri di rumah. Namun cara melakukan rotasinya harus benar. Keliru dalam menukar posisi ban membuat usia pemakaian ban jadi lebih pendek. Berikut ini cara-cara rotasi ban yang harus Anda perhatikan:

    • Rotasi 4 Ban

    Dalam melakukan rotasi ban pada mobil ada dua cara yaitu, rotasi 4 ban dan rotasi 5 ban. Rotasi 4 ban adalah menukar posisi ban depan ke ban belakang secara menyilang.