Berita

    Terkena Banjir? Ini Yang Harus Dilakukan Pada Mobil Anda

    Jika Anda memiliki kendaraan mobil, hal yang wajib diwaspadai adalah ketika musim hujan tiba dan terjadi banjir. Pada dasarnya, cukup banyak pengendara mobil yang tidak tahu cara mengatasi ketika mobil terkena banjir.

    Pembahasan pada artikel kali ini wajib diperhatikan para pengendara mobil yang tidak ingin mobilnya mengalami kerusakan fatal ketika banjir. Pun, menjadi informasi hal apa saja yang wajib dilakukan ketika kendaraan terkena banjir.

    5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan saat Mobil Terkena Banjir

    Pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika kendaraan terkena banjir menentukan tingkat kerusakan mobil Anda. Artinya, semakin Anda sigap mengatasi maka kerusakan akan semakin kecil. Maka dari itu, simak langkah pertolongan untuk mobil yang terkena banjir berikut:

    • Keluarkan Air dengan Cepat

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengeluarkan air dari mobil yang terendam banjir sesegera mungkin. Alasannya, karena semakin lama air mengendap maka komponen-komponen di dalam mobil semakin tinggi kesempatan untuk rusak.

    Cara mengeluarkan air dengan cepat ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan vakum kering atau dengan handuk yang kering. 

    • Copot Kabel Aki

    Jika Anda sudah memastikan bahwa mesin mobil Anda sudah tidak terendam lagi air dan membawa mobil ke area yang lebih kering. Maka, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencopot kabel aki.

    Anda dapat melepas kabel arus negatif terlebih dahulu dan diikuti dengan melepas arus kabel positif. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisasi potensi korsleting listrik dan mesin mobil Anda.

    • Mobil Jangan Dinyalakan

    Hal satu ini yang sebenarnya banyak dilakukan oleh para pengendara ketika mobil terkena banjir, yaitu mencoba menyalakan mobil. Biasanya, pengendara panik dan langsung menyalakan mesin mobil untuk mengecek jika mobil mogok atau tidak.

    Padahal cara satu ini justru meningkatkan potensi kerusakan mesin dan transmisi. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari untuk melakukan hal satu ini. Karena Anda justru akan merusak mobil Anda sendiri.

    • Cek Bagian Mesin dan Kelistrikan

    Keempat, Anda wajib segera untuk mengecek bagian mesin dan kelistrikan mobil Anda. Setelah proses pengeringan dilakukan dan mencopot aki mobil. Langkah pengecekan mesin dan kelistrikan wajib dilakukan.

    Bagian utama yang wajib untuk dicek adalah tangki minyak mobil Anda, yang mana dapat diperiksa tingkat kemasukan air banjir. Salah satu ciri tangki minyak kemasukan air adalah warna oli yang berubah menjadi putih susu atau kopi susu.