Berita

    Ketahui Manfaat Rajin Cuci Mobil, Bukan Sekadar Lebih Bersih

    Manfaat rajin cuci mobil sebenarnya tidak hanya karena estetika atau keindahan kendaraan, namun lebih dari itu. Anda bisa mendapatkan manfaat dari segi kesehatan hingga keselamatan berkendara lho! Kok bisa ya? 

    Supaya lebih jelas, pahami apa saja manfaat mencuci kendaraan pada berikut ini. Simak penjelasannya jingga rampung ya!

    Manfaat Penting Cuci Mobil 

    Ada beberapa manfaat dari membersihkan mobil yang tidak Anda sadari sejak dahulu kala. Apa saja itu? Antara lain:

            1. Supaya Komponen Tidak Mudah Rusak

    Kerusakan pada komponen mobil bukan hanya disebabkan oleh pemakaian, namun juga faktor kebersihan. Sebab, ada beberapa bahan pembuatan komponen mobil, rentan mengalami korosi. Misalnya saja komponen dengan bahan alumunium.

    Maka dari itu, mencuci mobil jadi hal yang penting di sini. Supaya tidak ada kotoran yang menempel, dan membuat komponen jadi lebih lapuk.

            2. Menjaga Keselamatan Pengendara

    Manfaat berikutnya adalah mampu menjaga keselamatan dari pengemudi dan penumpang mobil. Apa hubungannya?

    Sebagai contoh, apabila Anda tidak rutin membersihkan kaca mobil, maka akan ada banyak kotoran yang menumpuk. Terlebih kehadiran jamur pada kaca mobil, yang susah dibersihkan hanya dengan air atau wiper.

    Nah, apabila kaca sudah tertutup kotoran seperti jamur, maka visibilitas pengemudi juga jadi terganggu. Akibatnya risiko kecelakaan juga semakin tinggi. 

            3. Membuat Anda Lebih Hemat Biaya Perawatan

    Apabila Anda rajin cuci mobil, maka kendaraan akan lebih mudah dalam hal perawatan. Sebab, kotoran tidak menumpuk. Termasuk peluang komponen mengalami kerusakan juga kecil.

    Berbeda apabila Anda jarang membersihkan kendaraan. Maka proses pembersihannya menjadi lebih lama. Di tambah lagi jika ada masalah pada komponen karena lapuk, atau susah untuk membersihkannya. Sehingga dibutuhkan alat khusus dengan harga yang lebih mahal.

    Tentu saja hal ini bisa membuat Anda jadi lebih banyak mengeluarkan biaya untuk perawatan mobil. Tentu sayang bukan jika ini terjadi?

            4. Menjaga Kesehatan

    Penyakit bisa datang dari mana saja termasuk karena Anda malas membersihkan mobil. Debu, jamu hingga bakteri akan betah menempel pada kabin mobil Anda. tak hanya itu, AC juga tak luput dari tempat persinggahan bakteri.

    Hal ini memancing datangnya penyakit bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja Anda jadi sering bersin karena alergi debu. Bahkan bisa menyebabkan Anda gatal-gatal karena bakteri dan jamur.