Berita

    Tips Aman Berkendara di Musim Hujan: Menghadapi Tantangan di Jalan Basah

    Berkendara di musim hujan bukanlah hal mudah, sebab hujan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti pandangan yang kabur, jalan menjadi licin, dan terdapat genangan air yang mengganggu laju kendaraan. 

    Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengemudi pada di waktu hujan. Apa saja itu? Jangan lewatkan pembahasan dalam artikel ini!

    Tips Berkendara di Musim Hujan

    Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman selama musim hujan. Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

    • Perhatikan Keadaan Wiper

    Saat berkendara kala musim hujan wiper pada mobil sangat perlu untuk diperhatikan Anda harus memastikan bahwa karet pada wiper berfungsi dengan baik agar proses pembersihan jejak air hujan pada kaca depan dapat berjalan dengan baik. 

    Sebelum berkendara, pastikan menguji coba wiper mobil Anda. Jika muncul tanda-tanda seperti gerakan wiper yang tidak lancar, suara berisik, garis air, atau ketidakmampuan menyeka air dengan maksimal, maka segera ganti karetnya. 

    Selain karet pada wiper yang perlu Anda perhatikan, air pada wiper juga perlu Anda periksa sebelum berkendara, pastikan air sabun pada wiper dalam kondisi yang optimal jangan sampai kehabisan.

    • Pastikan Keadaan Ban Mobil 

    Kondisi ban merupakan hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara, terutama pada saat musim hujan. Pengecekan kondisi ban perlu Anda lakukan sebelum berkendara, sebab ban adalah komponen yang langsung bersentuhan dengan jalan. 

    Anda harus memastikan ban kendaraan tidak aus atau botak. Ban yang aus dapat menurunkan daya cengkram ban, hal ini tentunya sangat berbahaya apalagi saat jalanan basah karena hujan. 

    Selanjutnya, tekanan angin pada ban. Saat ingin berkendara pastikan tekanan angin pada kendaraan Anda baik. Tekanan angin yang kurang dapat membahayakan anda, sebab dapat menyebabkan ban oleng atau tidak stabil. 

    Gunakan ban yang asimetris, ban yang memiliki pola asimetris dinilai dapat menampung air lebih banyak sehingga daya cengkram ban akan semakin kuat. Hal tersebut mengurangi kelicinan pada ban. 

    • Jaga Jarak Aman

    Jarak merupakan hal yang perlu diperhatikan saat Anda berkendara, terutama pada saat musim hujan. Pandangan yang sering kali kabur pada saat hujan sering kali menyebabkan terjadinya kecelakaan.