Berita

    Jangan Abai! Kenali Penyebab Bensin Mobil Boros

    Bensin mobil yang boros dapat menjadi masalah yang berdampak negatif pada anggaran pengeluaran harian, mengingat harga bahan bakar yang terus meningkat. Karena itu, penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab bensin mobil boros.

    Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengetahui langkah yang tepat sebagai solusi untuk mengatasinya. Sehingga, efisiensi bahan bakar mobil Anda dapat ditingkatkan dan pengeluaran untuk bahan bakar bisa ditekan.

    Penyebab Bensin Mobil Boros yang Wajib Diketahui

    Pada dasarnya, ada beberapa faktor utama yang menyebabkan penggunaan bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Mulai dari kondisi komponen mesin yang tidak optimal hingga kebiasaan mengemudi yang buruk, berikut pembahasan lengkapnya.

    • Kondisi Mesin Tidak Optimal

    Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi bensin oleh mesin di antaranya seperti setelan karburator yang tidak tepat, busi yang rusak, atau filter udara yang kotor hingga membuat sistem pengapian bermasalah.

    Apabila berbagai komponen utama mesin bermasalah, ini bisa menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Sebab, sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik bisa mengurangi efisiensi pembakaran.

    • Kebocoran Bahan Bakar

    Kebocoran bahan bakar adalah salah satu penyebab borosnya konsumsi bahan bakar pada mobil. Kebocoran ini dapat terjadi pada tangki, selang, atau sistem injeksi bahan bakar yang membuat bensin terbuang percuma.

    • Kondisi Ban Kurang Baik

    Ban yang kondisinya kurang baik, tidak terawat, atau tidak sesuai standar dapat berkontribusi pada borosnya konsumsi bensin. Misal, ban yang tekanan udaranya tidak sesuai dapat membuat mesin bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil.

    Semakin keras mesin bekerja, maka semakin banyak pula tekanan bahan bakar yang dikonsumsi. Selain itu, penggunaan jenis ban yang sudah dimodifikasi dan tidak sesuai dengan standar pabrikan juga bisa mengurangi efisiensi sistem pembakaran.

    • Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

    Bahan bakar dengan kandungan oktan yang rendah dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna sehingga membuat bensin mobil boros. Selain itu, BBM yang tercampur dengan air atau kotoran juga dapat mengurangi efisiensi pembakaran.

    • Beban Kendaraan yang Berlebihan

    Membawa beban yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Pasalnya, beban ekstra tersebut akan membuat mesin bekerja lebih keras hingga meningkatkan konsumsi BBM.

    • Kebiasaan Mengemudi yang Buruk