Berita

    Ini Pentingnya Melakukan Rotasi Ban Mobil

    Ada berbagai hal yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik mobil supaya berbagai komponen tetap terjaga. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan secara rutin yaitu rotasi ban mobil sesuai dengan cara yang dianjurkan.

    Sebenarnya, mengapa ban mobil perlu dirotasi? Lalu, bagaimana cara untuk melakukan rotasi tersebut dengan benar? Jangan lewatkan penjelasan berikut dan pastikan ban mobil Anda lebih terjaga, sehingga perjalanan pun semakin aman dan nyaman!

    Manfaat Melakukan Rotasi Ban Mobil

    Secara sederhana, merotasi ban pada mobil dapat diartikan sebagai tindakan menukar posisi ban mobil dengan tujuan untuk menjaga performanya ketika digunakan.

    Manfaat dari rotasi tersebut yaitu untuk menyamaratakan pemakaian ban, sehingga kondisi setiap ban akan lebih stabil dan seimbang.

    Umumnya, ban mobil di bagian depan akan lebih cepat untuk merespons sistem pengereman, sehingga kondisinya pun cenderung lebih cepat aus. Dengan begitu, masa pakainya pun dapat lebih cepat habis dibandingkan ban mobil bagian belakang.

    Maka dari itu, rotasi ban menjadi penting supaya pemakaiannya dapat menjadi lebih seimbang. Selanjutnya, masa pakai ban pun akan menjadi lebih awet, sehingga Anda dapat meminimalisir biaya kerusakan.

    Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil yang Benar

    Untuk melakukan rotasi ini, ada beberapa anjuran yang dapat Anda ikuti. Berikut merupakan penjelasan lebih lengkap tentang berbagai cara untuk merotasi ban pada mobil.

    • Melakukan Rotasi dengan Menyilang

    Anjuran pertama yang umum dilakukan yaitu melakukan rotasi dengan menyilangkan ban mobil.

    Jadi, ban di bagian kanan depan akan ditukar dengan ban di bagian kiri belakang. Begitu pula sebaliknya, bagian kiri depan akan ditukar dengan bagian kanan belakang.

    • Menukar Ban Depan dengan Ban Belakang

    Anjuran rotasi ban mobil yang kedua yaitu dengan menukar posisi antara ban di bagian depan dan belakang. Caranya, bisa dengan menyilangkan posisinya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

     

    iStock

    Selain itu, bisa juga dengan ditukar secara langsung, ban bagian kiri depan ditukar dengan kiri belakang, lalu ban kanan depan ditukar dengan ban di bagian kanan belakang.

    • Anjuran Lain, Tukar Posisi sesama Ban Depan dan Ban Belakang

    Ada pula anjuran lain yang menyarankan untuk menukar ban di posisi yang sama. Maksudnya, ban depan kanan ditukar dengan ban depan kiri. Begitu pula untuk ban di bagian belakang mobil, silakan tukar antara ban di bagian kiri dan kanannya.

    • Lakukan juga Untuk Ban Cadangan

    Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan rotasi dengan melibatkan ban cadangan. Dengan cara ini, maka masa pakai dari semua ban akan menjadi lebih seimbang, baik untuk ban primer maupun sekundernya.

    • Saran Waktu untuk Melakukan Rotasi

    Sebaiknya, Anda melakukan rotasi ban setiap mobil sudah menempuh perjalanan sepanjang 10 ribu kilometer. Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan mengikuti anjuran yang telah dijelaskan sebelumnya.

    Selain itu, bisa juga melakukan rotasi langsung di bengkel ketika servis berkala. Dengan begitu, maka Anda juga dapat sekaligus memeriksa kondisi ban dan berbagai komponen penting lainnya.

    • Perhatikan Kondisi Telapak Ban

    Selain berdasarkan jarak tempuh, Anda juga dapat melakukan rotasi berdasarkan kondisi telapak ban.

    Jika kondisi telapak ban sudah terlihat tidak seimbang, maka ada baiknya melakukan rotasi. Dengan begitu, masa pakai dari setiap bannya akan lebih terjaga.

    Namun, jika ternyata kondisi ban sudah terlihat aus, ada baiknya Anda memeriksakannya ke bengkel dan melakukan penggantian jika memang diperlukan.

    Pada dasarnya, rotasi terhadap ban mobil adalah tindakan perawatan yang sebaiknya tidak diabaikan. Anda dapat melakukan rotasi berdasarkan cara di atas, sehingga kondisi ban mobil dapat tetap terjaga.