Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Mobil Overheat

    Sebagai pemilik kendaraan, cara mengatasi mobil overheat menjadi hal yang harus diketahui, sehingga saat berkendara, pengendara bisa menghindari sejumlah hal yang tidak diingini, seperti kerusakan komponen karena suhu mobil yang tinggi. Overheat sendiri adalah kondisi suhu mobil lebih tinggi dibandingkan dengan suhu biasanya. 

    Suhu tinggi tersebut bahkan bertahan dalam waktu lama, sehingga jika tidak ditangani dengan maksimal, dapat membuat komponen kendaraan menjadi rusak. 

    Penyebab Mobil Overheat

    Terdapat sejumlah masalah yang menjadi akar penyebab mesin mobil menjaadi overheat, seperti:

    • Terdapat hambatan di bagian sirkulasi radiator
    • Thermostat yang digunakan sebagai pengukur suhu mengalami kerusakan
    • Kipas radiator rusak atau tidak dapat berfungsi dengan maksimal
    • Menggunakan cairan radiator, oli dan bahan bakar yang kurang tepat
    • Adanya kebocoran di bagian tangki dan selang radiator. 

    Cara Mengatasi Mobil Overheat

    Ketika sedang berkendara dan tiba-tiba kendaraan mengalami masalah serta menunjukkan tanda overheat, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

            1. Menepi Terlebih Dahulu

    Mesin yang sudah overheat tentu saja tidak bisa digunakan seperti semestinya. Bila mobil terus dipaksa, mesin mobil bisa mengalami kerusakan dan mati total. Oleh sebab itu, saat mengalami overheat, langkah awal yang harus dilakukan adalah membawa kendaraan ke tepi jalan. 

    Cek kerusakan mobil, jangan lupa perhatikan kondisi jalan ketika ingin menepi. Anda bisa menyalakan lampu hazard agar bisa menghindari kecelakaan. Nantinya, kedipan dari lampu sein akan memberi isyarat pada pengendara jika Anda mengalami masalah. 

            2. Matikan AC

    Langkah lainnya adalah mematikan mesin mobil dan AC. Jika sudah menemukan lokasi untuk berhenti, segera matikan AC. Mematikan AC adalah langkah tepat agar bisa membantu proses pendinginan menjadi semakin cepat.

            3. Kunci Dalam Posisi ON

    Walaupun mobil berada dalam kondisi mati, pastikan Anda tetap memutar kunci kembali ke ON. Mengapa demikian? Karena, saat memutar kunci dengan posisi ON, kipas radiator nantinya akan tetap berputar dan bisa mendinginkan air radiator. 

    Anda juga dapat menyalakan heater agar bisa membantu mengurangi panas pada mesin. Jangan lupa melihat jarum yang menunjukkan temperatur sehingga Anda bisa melihat kondisi suhu mesin mobil.