Berita

    Cari Tahu Arti Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil Menyala

    Lampu indikator suhu radiator mobil menjadi salah indeks yang akan Anda lihat di panel mobil Anda. Seringkali pengendara belum mengetahui benar tanda dari indikator suhu merah dan biru yang ditunjukkan pada panel.

    Apakah Anda salah satunya? Jika benar, Anda tidak perlu risau karena pada artikel ini akan kita bahas apa makna dari indikator suhu yang sering kali Anda lihat di panel mobil tersebut.

    Sebelumnya, perlu diketahui jika indikator suhu menunjukkan suhu mesin mobil Anda pada saat itu. Lampu indikator radiator suhu pada mobil memiliki dua jenis lampu, yaitu merah dan biru yang masing-masing mempunyai arti yang berbeda.

    Di model mobil yang lain, indikator suhu bisa ditunjukkan dengan model jarum. Hal ini bergantung pada desain panel pada mobil. Jika mobil Anda memiliki indikator suhu berbentuk jarum, biasanya akan ada dua inisial yaitu ‘H’ dan ‘C’. Huruf ‘H’ menunjukkan hot atau panas dan huruf ‘C’ mengindikasikan cold atau dingin.

    Arti Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil

    Seperti yang telah Anda ketahui jika radiator mobil mempunyai fungsi sebagai sistem pendingin pada mesin mobil. Di mana radiator inilah yang mempengaruhi nyala indikator suhu pada mobil Anda.

    Berikut adalah arti dari lampu indikator suhu pada mobil Anda:

    • Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil Berwarna Biru atau Menunjuk Tanda ‘C’

    Apabila ketika menyalakan mobil dan lampu indikator suhu pada mobil Anda menyalakan warna biru atau jarum pada lampu indikator suhu menunjuk tanda ‘C’, artinya suhu mesin mobil Anda dalam keadaan dingin.

    Untuk itu, sebelum mengendarainya Anda perlu memanaskan mesin mobil Anda selama beberapa saat, hingga lampu indikator suhu tidak lagi menyala biru atau jika berbentuk jarum, ujung jarumnya berada di tengah tanda ‘H’ dan ‘C’.

    Hal tersebut menunjukkan jika mesin mobil dalam keadaan yang ideal dan siap untuk Anda kendarai. 

    Apabila mesin mobil dalam keadaan dingin dan Anda langsung mengendarainya, akan membuat komponen mobil Anda cepat rusak dan mesin mobil tidak mampu bekerja dengan optimal. Hal itu bisa membahayakan Anda selaku pengendara mobil.

    • Lampu Indikator Suhu Radiator Mobil Berwarna Merah atau Menunjuk Tanda ‘H’

    Jika lampu indikator suhu pada mobil Anda menyalakan warna merah atau menunjukkan tanda ‘H’, ini menandakan jika mesin mobil Anda dalam keadaan yang terlalu panas atau overheat.