Berita

    Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Dua Teknik Ini Agar Aman

    Teknik putar balik mobil mungkin menjadi salah satu teknik yang paling mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Namun, pada pelaksanaannya putar balik mobil bisa berakibat kepada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Hal ini karena sebenarnya ada teknik putar balik yang harus dikuasai oleh pengendara.

    Kali ini kita akan mempelajar soal teknik putar balik untuk pengendara pemula. Tak cuma tekniknya saja, kita akan mempelajari berbagai faktor pendukung ketika melakukan putar balik kendaraan.

    Lalu, apa saja teknik putar balik yang baik dan bagaimana cara melakukan hal tersebut dengan benar? Berikut kita simak:

    • Teknik U-Turn

    Teknik putar balik ini paling mudah dilakukan untuk pengendara yang pemula dan sudah berpengalaman. Teknik U-Turn bisa dilakukan jika kalian ingin berpindah jalur dari satu jalur ke jalur yang lainnya.

    Kalian bisa putar balik secara langsung dengan menggunakan Teknik U-Turn. Untuk melakukan teknik ini, kalian harus menempatkan mobil lebih ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi pertama. Sebagai catatan untuk pengemudi pemula, jangan terburu-buru menginjak pedal gas untuk putar balik, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman.

    Lepas rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kanan posisi kendaraan kalian. Hal ini untuk mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan kecil. Seringkali terjadi dimana pengemudi yang tidak memperhatikan kendaraan kecil, malah menabrak kendaraan tersebut hingga berujung dengan kecelakaan lalu lintas ringan. Maka dari itu, selalu perhatikan kondisi kendaraan lain serta selalu menyalakan Lampu Sein yang memang menjadi fitur pembantu dari mobil kalian.

    • Teknik Three Point Turn

    Sesuai namanya, teknik ini merupakan cara putar balik dengan melakukan tiga titik pemberhentian. Teknik putar balik ini bisa dilakukan saat tak cukup ruang untuk melakukan Teknik U-Turn. Cara putar balik dengan teknik ini dilakukan pada gigi satu, lalu putar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil. Misal mobil di sebelah kiri maka kalian putar kemudi ke kanan sembari injak pedal gas.

    Kemudian kalian berhenti saat jarak di depan sudah habis. Masukkan gigi mundur lalu injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke kiri. Setelah itu berhenti kembali dan atur transmisi ke gigi pertama. Lalu injak pedal gas dan balas kemudi ke kanan. Sembari melakukan teknik putar balik ini, kalian mesti memperhatikan kondisi sekitar melalui kaca spion dan sensor parkir. Maka dari itu, fitur sensor parkir sangat dibutuhkan ketika melakukan teknik putar balik three point turn ini sendiri. Hal ini yang menjadi kekurangan teknik tersebut.

    Keselamatan Berkendara

    Selain teknik putar balik, kalian juga harus mempelajari beberapa hal yang menyangkut keselamatan berkendara. Pertama, Lampu Sein yang digunakan harus dalam keadaan menyala. Fitur satu ini membantu untuk melakukan putar balik.

    Kedua, perhatikan bagaimana rambu-rambu lalu lintas yang ada. Khususnya rambu untuk melakukan putar balik. Karena di beberapa tempat, ada larangan untuk melakukan putar balik.

    Ketiga, selalu tertib berkendara khususnya ketika melakukan putar balik kendaraan. Karena bisa jadi, jalur yang akan kalian gunakan ditempati oleh pengendara lainnya. Hal ini sering disepelekan oleh beberapa pengendara di jalan.

    Itu dia dua teknik putar balik dan bagaimana menjaga keselamatan berkendara. Jika terlanjur terjadi kejadian yang tidak diinginkan, kalian bisa mengunjungi Bengkel Resmi Suzuki https://www.suzukimargondadepok.co.id/  untuk memperbaiki kerusakan mobil kalian.