Berita

    Deteksi Dini Kerusakan Mobil Hanya Melihat dari Warna Asap Knalpot Mobi

    Tidak sedikit pemilik kendaraan yang menganggap jika warna asap knalpot mobil menjadi tanda adanya masalah mesin. 

    Sebenarnya, anggapan tersebut bisa benar dan bisa salah. Karena, Anda juga harus memperhatikan kapan asap tersebut keluar dari mobil serta warna asap yang keluar dari kendaraan. 

    Bila asap yang keluar dari kendaraan merupakan asap berwarna putih dan terlihat tipis, bahkan tidak bertahan lama semenjak mobil dinyalakan, Anda tidak perlu cemas. 

    Biasanya, asap knalpot seperti ini muncul karena kondensasi serta pengembunan yang terjadi di bagian dalam mobil dan disebabkan karena lokasi bersuhu dingin. Namun, ada beberapa warna asap yang harus diwaspadai.

    Mendeteksi Kerusakan Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

    Meskipun warna asap knalpot putih tipis tidak berbahaya, namun ada beberapa warna asap yang harus diwaspadai, berikut beberapa diantaranya:

    1. Warna Asap Biru

    Asap dengan warna biru bisa menandakan jika oli merembes ke bagian mesin. Masalah ini bisa disebabkan karena head gasket. Sedangkan, mobil yang menggunakan mesin turbo, warna asap ini dapat menjadi pertanda jika blower turbo harus dilakukan penggantian. 

    Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan katup sil atau yang sering disebut dengan ring piston. Ring piston yang aus bisa menyebabkan warna asap kendaraan menjadi kebiru-biruan. 

            2. Warna Asap Abu-Abu

    Cara mendeteksi kerusakan mobil melalui warna asap knalpot yang lainnya adalah ketika knalpot mengeluarkan asap abu-abu. 

    Warna asap abu-abu sering menjadi tanda jika terdapat masalah yang berada di bagian katup PCV. Jika masalah ini terjadi, gas dan uap yang masuk ke mesin menjadi tidak terkontrol karena terjadi kemacetan. 

    Bila Anda menggunakan mobil dengan transmisi automatic, warna asap abu-abu dapat menjadi tanda jika terjadi rembesan oli transmisi atau jumlah oli yang terlalu banyak di bagian tangki. 

            3. Warna Asap Hitam

    Warna asap hitam pasti sering terlihat di mobil yang sudah berusia tua. Warna asap ini menandakan jika terjadi hal yang tidak beres ketika proses pembakaran BBM contohnya seperti jumlah BBM terlalu banyak namun pembakaran tidak sempurna. 

    Warna asap kehitaman ini juga bisa mengindikasikan jika terjadi kerusakan di beberapa komponen mobil yang lain seperti injector, filter udara serta kompresi. 

    Namun pada mobil diesel, warna asap knalpot ini masih dianggap normal. Tetapi, pada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin, warna ini dapat menjadi tanda pembakaran tidak sempurna.