Berita

    Kenali Penyebab Mobil Mogok & Cara Mengatasinya

    Kerusakan komponen mobil serta suhu mesin dapat menjadi faktor penyebab mogoknya mobil. Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mobil mogok, faktor apa sajakah itu?

    Selain itu, Anda tidak perlu khawatir saat kendaraan Anda tidak bisa berjalan karena setiap masalah pasti ada solusinya. Apa saja solusi untuk masalah ini?

    Penyebab Mobil Mogok

    • Kerusakan pada Aki

    Penyebab yang paling sering ditemui adalah adanya kerusakan pada aki mobil Anda. Aki adalah komponen mobil pertama yang akan dicek oleh montir saat Anda membawa mobil Anda ke bengkel.

    Aki adalah komponen yang sangat penting dalam mobil. Fungsi dari komponen ini adalah menyalurkan pusat energi listrik agar mobil dapat menyala. Jika terdapat masalah pada bagian ini, kinerja mesin pun akan terganggu. 

    Pada umumnya, kerusakan pada komponen ini disebabkan oleh kondisi aki yang masanya sudah habis atau kabel yang mulai kendor pada terminal minus atau plus.

    Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti aki mobil Anda yang sudah rusak dengan yang lebih mumpuni. Jika penggantian ditunda, akan muncul masalah baru pada kendaraan Anda.

    • Dinamo Starter yang Rusak

    Mesin mobil tidak dapat menyala saat dinyalakan? Bisa jadi kerusakan terjadi pada dinamo starter atau switch starter. Dinamo starter ini merupakan komponen pada mobil yang berhubungan langsung dengan mesin saat menyalakan mobil. 

    Komponen ini termasuk yang sangat jarang sekali rusak, namun kerusakan pada komponen ini bisa membuat mobil tidak berfungsi. Kerusakan pada switch starter ini kemungkinan besar terjadi karena usia starter yang sudah lama atau pemakaian yang tidak hati-hati.

    Untuk mengatasi hal ini, Anda harus rutin dan teliti saat mengecek keadaan mobil. Jangan sampai, komponen kecil seperti starter ini terlewat.

    • Alternator yang Bermasalah

    Kerusakan selanjutnya yang membuat mobil mogok bisa disebabkan oleh alternator. Alternator ialah komponen mobil yang menyuplai aliran listrik ke aki. Jika alternator ini rusak, maka bisa dipastikan tidak ada aliran listrik ke aki dan menyebabkan mobil tidak bisa menyala.

    Masalah yang sering terjadi pada komponen ini bisa terjadi karena gulungan kawat yang putus, kabel mulai berkarat, putusnya diode, usia alternator yang melebihi lima tahun, atau modifikasi mobil yang mengakibatkan beban listrik mobil bertambah.