Berita

    Ini Penyebab Indikator Airbag Menyala

    Airbag berfungsi untuk melindungi penumpang dari kecelakaan. Fitur ini pun mempunyai lampu indikator di area dasbor. Sayangnya, terkadang indikator airbag menyala meski tanpa benturan.

    Penyebab dari menyalanya lampu indikator tersebut perlu diketahui karena bisa mengganggu perjalanan Anda. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

    Indikator Airbag Menyala

    Menurut Badan Pusat Statistik, angka kecelakaan di tahun 2021 cukup tinggi, yakni mencapai hampir 104 juta kejadian. Itulah mengapa airbag dibutuhkan untuk meminimalisir efek buruk dari ratusan juta kecelakaan tersebut.

    Namun, fitur ini mempunyai lampu indikator yang kerap menyala sendiri. Berikut beberapa penyebabnya:

    • Masalah pada Sistem Keamanan Mobil

    Saat lampu indikator fitur ini menyala, maka bisa jadi ada masalah pada sistem keamanan mobil Anda. Hal ini berkaitan dengan sistem keamanan yang menggunakan variasi kode di dalam komponen listrik atau sistem SRS

    Jika kode-kode tersebut ada yang tidak sesuai atau bahkan tidak berfungsi lagi, maka hal tersebut bisa menyebabkan lampu airbag menyala. Kerusakan kode ini juga berpengaruh terhadap keamanan penumpang itu sendiri.

    Gangguan ini perlu dicek oleh teknisi dengan alat bersistem khusus. Biasanya, sistem ini dimiliki oleh bengkel besar. Nantinya, sistem SRS akan diset ulang.

    • Masalah pada Sabuk Pengaman

    Kita tahu bahwa sabuk pengaman juga merupakan fitur untuk meminimalisir resiko akibat kecelakaan. Fitur yang satu ini mempunyai saklar yang terhubung dengan sistem kelistrikan mobil.

    Saklar ini berfungsi untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik atau belum. Namun jika saklar sabuk pengaman  ini rusak, maka akan menyebabkan indikator airbag menyala.

    Ada beragam penyebab mengapa saklar sabuk pengaman bisa mengalami kerusakan. Salah satunya adalah menempelnya debu atau kotoran. Hal ini bisa dibersihkan atau diperbaiki di bengkel terdekat.

    Pexels
    • Masalah pada Clock Spring

    Clock spring adalah komponen pada mobil yang mengatur driver module dengan airbag. Komponen ini dihubungkan dengan sistem mobil dan klakson menggunakan kabel yang berada di bagian belakang setir.