Berita

    Featured Image

    Sparepart Ini Wajib Anda Pahami jika Ingin Mempunyai Mobil Listrik

    Popularitas mobil listrik saat ini memang begitu tinggi di kalangan masyarakat. Jenis mobil ini semakin diminati karena lebih ramah lingkungan, berteknologi canggih, dan nyaman digunakan berkendara sehari-hari. 

    Jenis mobil yang menggunakan tenaga listrik tentunya memiliki perbedaan mendasar dengan mobil biasa. Jika Anda tertarik menggunakan electric car, sebaiknya pahami dulu beberapa sparepart atau komponen penting di dalamnya. 

    Sparepart Penting pada Mobil Listrik

    Electric car merupakan jenis mobil yang menggunakan tenaga listrik sehingga Anda tidak perlu menggunakan BBM seperti bensin maupun diesel. Berikut adalah beberapa jenis sparepart penting pada electric car yang perlu Anda ketahui. 

    • Baterai Traksi

    Komponen pertama adalah baterai traksi yang memiliki fungsi penting dalam menyimpan lalu mengalirkan arus listrik menuju inverter. Komponen inilah yang kemudian akan membuat electric car bisa bergerak dan melaju. 

    Saat controller mengirimkan sinyal, nantinya baterai traksi akan langsung memindahkan arus listrik. Baterai traksi akan mengalirkan direct current atau DC menuju inverter dan motor traksi akan bergerak. 

    • Inverter

    Selanjutnya ada inverter, sebuah komponen yang berfungsi sebagai penyalur arus DC dari baterai traksi. Nantinya, bagian ini akan mengubah arus DC menjadi AC (alternating current) atau arus bolak-balik. 

    Komponen inverter juga akan mengontrol tekanan yang terdapat pada pedal gas. Di sinilah inverter akan mempercepat sekaligus memperlambat laju kendaraan sesuai dengan pemakaian pengguna.

    • Motor Traksi

    Electric car juga memiliki motor traksi. Komponen ini merupakan sebuah dinamo listrik yang akan menggerakkan transmisi dan roda mobil. 

    Motor traksi jelas memiliki peran penting yang berpengaruh langsung terhadap performa mobil. 

    • Controller

    Ada juga komponen controller sebagai pengatur daya listrik yang disalurkan dari baterai ke inverter

    Setelah itu, controller juga akan membuat motor traksi bergerak. Dalam prosesnya, controller ini akan mendapat sinyal yang berasal dari pedal mobil. 

    • Baterai Cadangan

    Jika Anda menggunakan mobil listrik, maka Anda akan menemukan baterai cadangan atau auxiliary battery

    Baterai ini berperan sebagai tempat untuk menyimpan dan menyediakan arus listrik yang menjadi sumber tenaga aksesoris mobil. 

    Baterai cadangan akan menghidupkan beberapa aksesoris seperti wiper, lampu mobil, AC, dan lain sebagainya. Selain itu, baterai ini juga bisa dipakai cadangan ketika baterai traksi bermasalah dan tidak dapat berfungsi. 

    • Charger

    Selanjutnya, ada komponen charger yang sudah jelas dipakai untuk mengisi daya electric car Anda. 

    Cara kerjanya sederhana, yaitu mengisi daya baterai menggunakan arus listrik AC dari PLN kemudian diubah menjadi arus DC untuk disimpan di baterai traksi. 

    • Sistem Thermal

    Pengguna electric car juga harus paham mengenai komponen sistem thermal. Bagian ini juga tidak kalah penting karena berfungsi menjaga electric car agar tidak overheat selama digunakan. 

    Saat pemakaian, mobil bertenaga listrik ini bisa saja mengalami peningkatan suhu yang cukup tinggi. 

    Sistem termal merupakan komponen yang membantu mencegah peningkatan suhu berlebih sehingga tidak terjadi overheat

    • DC Converter

    Sparepart lainnya adalah DC converter. Komponen ini akan mengubah tegangan listrik yang tinggi dari baterai jadi tegangan listrik yang lebih rendah.

    Alat ini juga berperan penting dalam proses pengisian daya listrik pada baterai. 

    Mobil listrik memiliki banyak keunggulan yang patut diperhitungkan dan saat ini semakin diminati oleh banyak orang.