Berita

    Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil yang Patut Diketahui!

    Mobil memiliki banyak jenis komponen yang membuatnya bisa bekerja secara optimal. Setiap komponen mobil memiliki fungsi yang berbeda dan mendukung satu sama lain sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman. 

    Sebagai pengguna mobil, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui komponen-komponen tersebut. Tidak perlu semua namun paling tidak Anda mengenal beberapa jenis komponen yang penting. 

    Komponen Mobil yang Penting untuk Diketahui

    Mengapa Anda perlu mengetahui komponen-komponen esensial pada mobil? Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa merawat komponen tersebut secara optimal. Berikut adalah beberapa komponen dalam mobil yang perlu Anda ketahui:

    • Aki

    Pertama ada bagian aki yang menjadi pusat tenaga listrik dalam mobil Anda. Aki menjalankan peran penting dalam memberi sumber listrik pada mesin sehingga mobil Anda bisa berjalan. 

    Pada umumnya, putaran awal mesin mobil akan bergerak menggunakan dinamo. Dinamo ini akan ditenagai oleh listrik dan aki adalah bagian penting yang menjadi sumber listrik tersebut. 

    • Radiator

    Selanjutnya ada radiator yang memiliki peran penting dalam sistem pendingin mobil. Bagian ini akan menyerap panas dari mesin dan membuat mesin bekerja optimal. Suhu mesin bisa stabil jika radiator bekerja dengan baik. 

    • Transmisi

    Ada pula komponen transmisi yang bekerja saat Anda menggerakkan mobil dan menambah kecepatan. Sistem transmisi ini akan memindahkan tenaga dan meneruskan putaran mesin menuju poros propeller

    • Rem

    Sudah pasti mobil Anda bisa berjalan dengan aman jika ada komponen rem yang bekerja optimal. Komponen rem memungkinkan Anda untuk menurunkan kecepatan dan berhenti di waktu yang tepat. 

    • Mesin

    Bagian yang satu ini menjadi komponen terpenting dalam sebuah mobil. Tanpa adanya mesin tentu saja mobil Anda tidak akan bisa berjalan. 

    Menariknya lagi dalam mesin itu sendiri ada banyak komponen lain yang terlibat. 

    Beberapa komponen mesin mobil yang penting untuk diketahui adalah kepala silinder, katup hisap, katup buang, poros nok, rocker arm

    Selain itu masih ada komponen lain yang bekerja bersama-sama mendukung kerja mesin mobil Anda. 

    • Suspensi

    Berikutnya ada komponen suspensi yang juga berperan penting. Suspensi adalah bagian yang akan meminimalisir terjadinya guncangan saat mobil melaju. Sistem ini akan meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara. 

    suspensi

    • Alternator

    Komponen mobil berikutnya yang juga penting untuk Anda ketahui adalah alternator. Ini merupakan sebuah dinamo yang akan membangkitkan tenaga listrik saat mesin mobil Anda dalam kondisi hidup. 

    Selain itu alternator juga akan mengisi muatan listrik dalam aki. Jadi bisa disimpulkan bahwa aki mobil Anda tidak akan bekerja optimal apabila tidak ada peran alternator.

    • Kolom Kemudi

    Ada pula bagian kolom kemudi yang menjadi salah satu komponen penting dari sebuah mobil. 

    Bagian ini akan menghubungkan pengendara dengan mobil itu sendiri. Bisa dikatakan juga bahwa kolom kemudi ini merupakan pusat kendali mobil. 

    • Fuel Injection

    Ini merupakan bagian yang akan mempengaruhi masuknya bahan bakar menuju mesin agar terjadi pembakaran. Melalui fuel pump, bahan bakar akan diarahkan dari tangki ke filter lalu masuk ke bagian fuel rails

    • Ban

    Bagian lain yang juga tidak kalah penting dalam sebuah mobil adalah ban. Ban merupakan bagian yang menghubungkan mobil dengan jalan. 

    Mobil Anda harus menggunakan tipe ban yang tepat agar mobil bisa berjalan dengan nyaman.