Berita

    Featured Image

    Tips Menghilangkan Goresan-goresan Kecil di Body Mobil

    Goresan-goresan kecil alias baret pada mobil terkadang tidak dapat terhindarkan. Maka dari itu, tips menghilangkan goresan kecil di mobil sangat bermanfaat dan wajib Anda ketahui. Ada berbagai cara yang Anda lakukan tanpa harus pergi ke bengkel untuk menghilangkan baret mobil.

    Goresan pada body mobil dapat dipengaruhi oleh berbagai macam, seperti terkena debu kasar, gesekan ranting, cakaran kucing dan sebagainya. Tentunya hal tersebut mengganggu tampilan mobil Anda. Maka, simak cara menghilangkan goresan kecil pada body mobil di bawah ini!

    6 Tips Menghilangkan Goresan Kecil Di Mobil

    cara Menghilangkan Goresan Kecil Di MobilFreepik.com

    Goresan pada mobil ternyata memiliki derajat kesulitan masing-masing. Ada goresan ringan, sedang hingga dalam. Goresan kecil adalah yang paling mudah dihilangkan dan dapat memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah. Berikut ini tips menghilangkan goresan pada mobil:

    • Gunakan Kompon Mobil

    Tips pertama, Anda dapat menggunakan kompon atau compound mobil yang bentuknya berupa gel yang dioleskan ke area goresan. Anda dapat menemukan kompon mobil di berbagai toko aksesoris mobil dengan harga yang terjangkau.

    Cara penggunaannya adalah oleskan kompon pada bagian yang tergores, lalu Anda poles secara ringan hingga bekas goresan pudar atau hilang. Disarankan untuk menggunakan lap halus ketika memoles bekas kompon mobil agar body dan cat mobil tidak terkikis.

    • Manfaatkan Scratch Remover

    Memanfaatkan scratch remover dapat menjadi tips menghilangkan goresan kecil di mobil berikutnya, Sama seperti kompon mobil, alat ini dapat Anda temukan di toko aksesoris mobil dan tentu harganya terjangkau.

    Bentuk scratch remover seperti gel menjadikan cara penggunaannya sama seperti kompon mobil. Anda cukup oleskan ke bagian goresan kecil dan gosok dengan gerakan memutar menggunakan kain microfiber. Disarankan untuk menggosok hingga goresan kecil pudar dan menghilang.

    • Gunakan Pasta Gigi

    Apabila Anda tidak memiliki kompon atau scratch remover dari rumah, maka gunakan pasta gigi. Perlu ditekankan jika penggunaan pasta gigi ini ditujukan untuk goresan kecil pada mobil dan bukan goresan dalam.

    Cara pakainya, bersihkan body mobil dan siapkan kain untuk menggosok goresan pada body mobil. Tuang pasta gigi pada kain lembut yang basah dan mulai untuk menggosokkan secara perlahan. Pastikan jika Anda mengulangi penggunaannya hingga goresan menghilang.

    • Hilangkan dengan Kayu Putih

    Kayu putih juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menghilangkan goresan kecil pada body mobil. Minyak kayu putih dapat menjadi alternatif memperbaiki baret ringan dan cara penggunaannya pun sangat mudah.

    Pertama-tama siapkan kain microfiber dan tuang minyak kayu putih pada permukaan kain. Lalu, usapkan kain ke bagian body mobil yang terkena baret.

    Jika goresan kecil tersebut sudah hilang, Anda dapat mengelap bekas minyak kayu putih dengan lap basah. Tentunya semuanya dilakukan dengan kelembutan agar cat body mobil tetap terjaga.

    • Gunakan Minyak Rem

    Tips menghilangkan goresan kecil di mobil selanjutnya menggunakan minyak rem. Anda cukup menyiapkan kain kanebo dan minyak rem. Lalu, tuang minyak rem ke permukaan kanebo dan gosok ke body mobil yang terkena goresan kecil.

    Setelah dirasa goresan kecil memudar atau hilang, Anda dapat membersihkannya dengan lap kering. Pastikan Anda tidak menggosok terlalu kencang atau melebar.

    Hal tersebut dapat merusak cat mobil atau bahkan membuat permukaan mobil menjadi pudar dan kusam. Selain itu, tuang minyak rem sesuai takaran alias tidak terlalu banyak, tapi juga tidak terlalu sedikit.

    • Gunakan Spidol Cat

    Alternatif menghilangkan bekas goresan kecil terakhir adalah menggunakan spidol cat. Cara ini cukup unik, karena Anda cukup memilih warna spidol yang sesuai dengan warna mobil Anda.

    Cara penggunaannya adalah mengoleskan spidol yang sesuai dengan warna body mobil secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mengerjakan perbaikan ini di bawah cahaya lampu yang terang.