Berita

    Ketahui Cara Ganti Air Radiator Mobil

    Air radiator atau disebut juga dengan water coolant merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas. Dengan fungsi penting tersebut, air radiator harus selalu diperiksa dengan rutin. 

    Untuk menjaga performa mesin tetap optimal, Anda perlu mengganti air radiator mobil secara berkala. Air radiator dikatakan memiliki fungsi yang penting sebab berhubungan dengan cara kerja dari mesin mobil. 

    Mesin mobil yang memiliki suhu terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan hingga mobil mogok ketika dipaksa untuk terus digunakan. Dengan air radiator yang secara rutin diganti, hal ini dapat meminimalisir risiko seperti performa mesin yang menurun.

    Bagi Anda yang masih awam, artikel ini akan membahas tentang bagaimana tahapan atau tata cara dalam mengganti air radiator pada mobil agar bisa kembali menjalankan fungsinya dengan maksimal. Selengkapnya, simak pembahasan berikut.

    Cara Mengganti Air Radiator Mobil

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, air radiator memiliki fungsi yang penting dalam mendukung performa baik mesin maupun mobil secara keseluruhan. Untuk menjaga kualitasnya, air radiator perlu untuk dilakukan pergantian secara berkala.

    Begini beberapa tahapan cara yang bisa Anda lakukan dalam mengganti air radiator mobil:

    • Membuka Tutup Wadah Air Radiator

    Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengganti air radiator pada mobil yaitu pertama-tama membuka tutup wadah dari air radiator itu sendiri. Ketika hendak melakukan penggantian air radiator ini, pastikan bahwa mesin dari mobil Anda sudah dipanaskan dan dalam keadaan dingin agar tidak melukai tangan.

    • Membuka Baut Pembuangan Air dan Angin

    Tidak hanya bagian tutup wadah air radiator di bagian atas, langkah berikutnya dalam proses mengganti air radiator mobil yaitu Anda juga perlu membuka baut pembuangan di bagian bawah. Membuka baut pembuangan ini tentu saja berfungsi untuk mengeluarkan air radiator yang sudah terpakai sebelumnya.

    • Menguras dan Membersihkan Radiator

    Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan dengan langkah menguras radiator. Cara membersihkan radiator ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan air agar kotoran-kotoran yang masih tersisa bisa ikut luruh bersama air.

    Selain menggunakan air, Anda juga bisa membersihkan bagian selang radiator dengan memanfaatkan alat seperti sikat agar semakin bersih.

    • Menutup Kembali Baut Pembuangan