Berita

    Featured Image

    Bahan Bakar Boros? Ini Bagian yang Perlu Diservis

    Ada banyak faktor yang bisa memicu konsumsi bahan bakar boros pada mobil. Tentunya kondisi ini akan mempersulit Anda apalagi jika Anda punya intensitas bepergian menggunakan mobil yang cukup tinggi. 

    Jika Anda merasa konsumsi bahan bakar sudah tidak wajar dan terlalu boros maka sudah waktunya untuk mengecek kondisi mobil secara menyeluruh. Biasanya tingginya konsumsi bahan bakar terjadi karena ada kerusakan pada komponen tertentu. 

    Perbaikan saat Konsumsi Bahan Bakar Boros

    Pemakaian bahan bakar yang semakin boros bisa menjadi indikasi bahwa mobil Anda sedang mengalami kerusakan. Jadi akan jauh lebih baik jika mobil segera diservis agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut. 

    Tentunya dalam hal ini harus dicari terlebih dahulu komponen apa yang mengalami kerusakan sehingga konsumsi bahan bakar meningkat. Berikut akan dibahas beberapa bagian yang mungkin perlu diservis untuk mengatasi kondisi tersebut. 

    • Ban Mobil

    Anda bisa melakukan pemeriksaan pada ban mobil terlebih dahulu. Pastikan ban yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Jika jenis bannya tidak sesuai maka akan terjadi beban gesek yang lebih besar pada ban. 

    Kondisi ini terjadi saat Anda memakai ban yang ukurannya lebih besar dari seharusnya. Beban gesek akan meningkat dan bobot juga bertambah. Secara otomatis kondisi ini membuat laju mobil menurun dan konsumsi bahan bakar meningkat. 

    Selain ban yang ukurannya lebih besar, hal ini juga bisa terjadi karena kondisi ban yang kempes dan sudah gundul. Itulah mengapa penting sekali untuk mengganti ban di waktu yang tepat dan pastikan untuk memakai jenis ban yang sesuai. 

    • Filter Bensin

    Komponen lain yang juga perlu diperiksa dan diservis adalah filter bensin. Salah satu hal yang menyebabkan konsumsi bahan bakar pada mobil jadi lebih boros adalah kondisi filter yang kotor. 

    Saat melakukan servis, pastikan filter ini selalu dibersihkan. Proses pembersihannya wajib diulangi setiap mobil menempuh 30.000 sampai 40.000  km. Jika sudah tidak bisa dibersihkan lagi maka filter harus segera diganti. 

    • Oli

    Pengecekan oli juga harus dilakukan secara rutin untuk memastikan performa mobil tetap optimal. Jika Anda membawa mobil servis secara rutin maka pemeriksaan oli ini tidak akan terlewat. 

    cek oli jika mobil borosFreepik.com

    Saat Anda merasakan konsumsi bahan bakar boros, cobalah untuk mengecek kondisi oli. Jika oli tidak diganti secara rutin, maka kualitasnya akan terus menurun. Hal ini menyebabkan kinerja mesin ikut turun dan konsumsi bahan bakar jadi meningkat. 

    • Filter Udara

    Selain filter oli, filter udara juga bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar pada mobil Anda. Cobalah untuk mengecek kondisi filter ketika konsumsi bahan bakar dirasa meningkat. 

    Filter udara ini berfungsi memberikan suplai udara bersih ke bagian mesin agar bisa bekerja secara optimal. Jika filter udara mengalami kerusakan maka mesin tidak akan bekerja dengan baik dan membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih besar. 

    • AC

    Saat konsumsi bahan bakar mobil jadi semakin boros, tidak ada salahnya untuk mengecek bagian AC. Kerusakan pada komponen AC juga bisa membuat konsumsi bahan bakar meningkat. 

    Jika memang terjadi kerusakan pada salah satu komponen AC, jangan ragu untuk segera memperbaikinya. Menunda servis AC hanya akan membuat konsumsi bahan bakar tambah boros dan Anda jadi tidak nyaman saat menggunakan mobil.