Berita

    Featured Image

    Bukan Tidak Mungkin, Ini Penyebab Roda Mobil Lepas

    Apa yang akan Anda lakukan jika roda mobil lepas? Sebagian besar orang mungkin akan merasa panik dan tidak tahu cara mengatasinya. Meski masalah ini jarang tidak jadi, permasalahan pada ban mobil sangat memungkinkan roda bisa lepas.

    Jika Anda mengalami hal ini, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan ban mobil terlepas dari dudukannya. Simak penjelasan artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut!

    Penyebab Roda Mobil Lepas

    Ada beberapa faktor yang penting untuk Anda ketahui apa saja penyebab ban mobil bisa terlepas dari dudukannya meski saat kendaraan sedang berjalan. Apa saja penyebab itu?

    • Kesalahan Pasang Mur Roda

    Kesalahan saat memasang mur roda, akan menyebabkan posisi mur menjadi kurang kuat sehingga menjadi penyebab utama ban terjatuh dari jalan. Karena kendor, mur akan berputar perlahan dan akhirnya lepas.

    Baut tanpa mur akan mendapat tekanan yang besar sehingga bisa mengalami patah dan menyebabkan ban terlepas. Selain itu, kondisi mur  yang kendor tidak akan mampu menahan baut roda, ban bisa lepas dengan sendirinya.

    • Mur Roda Terlalu Kuat

    Selain kondisi mur roda yang kurang kuat, bila pemasangannya terlalu kuat juga bisa mempunyai dampak negatif pada ban mobil Anda. Mur roda yang berputar melebihi beban, maka bautnya bisa patah.

    Mur Roda Terlalu Kuat

    Akibatnya, ini memungkinkan roda mobil bisa lepas saat melintasi perjalanan. Untuk memasang mur roda, gunakan kunci momen atau kunci momen karena gayanya dapat diatur dengan memutarnya.

    • Modifikasi Spacer Pelek

    Saat memodifikasi pelek mobil dengan produk aftermarket, sering kali ditambahkan spacer untuk memindahkan posisi pelek sedikit ke luar. Tujuannya agar bagian dalam pelek tidak tersangkut pada bagian dalam bodi bawah kendaraan, sehingga tidak  bergerak atau berputar.

    Penggunaan spacer jelas tidak disarankan karena ini bukan suku cadang otomotif yang telah melalui proses penelitian selama pembuatan. Spacer juga memperpendek baut roda, sehingga tidak mungkin mengencangkannya sepenuhnya dengan baut.

    Selain itu,  spacer mengubah sudut sasis kendaraan, sehingga mempengaruhi kenyamanan dan pengendalian kendaraan. Sekalipun Anda mengganti sekrup dengan yang  lebih panjang, kekuatan sekrup yang diganti tidak diketahui, jadi tidak disarankan untuk menggantinya.

    • Kotoran Membandel

    Kotoran dan kerak yang menumpuk di antara bagian roda dan cakram rem dapat mengganggu kekuatan antara roda dan cakram. Masalah ini, bisa menyebabkan baut roda tidak terpasang dengan benar. Hal ini lah yang secara perlahan bisa menyebabkan roda mobil lepas.

    • Kerusakan Mur

    Mur yang rusak juga bisa menyebabkan sistem roda mobil Anda menjadi longgar. Hal ini bisa terjadi tidak hanya karena pemasangan yang salah saja, usia penggunaan mur roda yang sudah melewati batas atau aus juga bisa menyebabkan roda menjadi longgar.

    • Getaran Ekstrim

    Saat mobil melintasi jalanan yang ekstrim, mungkin akan terjadi getaran dan guncangan yang bisa menyebabkan roda bermasalah. Contohnya seperti menabrak lubang atau mengemudi dalam kecepatan tinggi saat melintasi jalanan tidak rata.

    Getaran ekstrim ini dapat menyebabkan baut roda menjadi longgar secara perlahan. Jika diabaikan dalam waktu lama, ini bisa menyebabkan ban roda tiba-tiba lepas saat dikemudikan.

    Itu dia penjelasan apa saja penyebab ban mobil bisa lepas saat dikemudikan. Secara garis umum, dapat diketahui faktor utamanya tidak jauh karena masalah dalam penggunaan mur roda.