Berita

    Cara Mengetahui Perbedaan antara Sparepart Asli dan Imitasi

    Dalam industri otomotif, onderdil atau sparepart asli dan imitasi dijual secara terbuka di pasaran. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam membeli. 

    Sebab, sparepart yang tidak original akan dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil dalam jangka panjang, komponen cepat aus, serta tidak ada jaminan kualitas. 

    Lantas, bagaimana cara terbaik untuk membedakan antara onderdil asli dengan yang palsu? Intip ulasan ini!

    Ketahui Perbedaan Sparepart Asli dan Imitasi

    Original Equipment Produsen (OEM) adalah sparepart yang dibuat oleh produsen sesuai standar industri dengan jaminan kualitas terbaik. 

    OEM biasa disebut sparepart original yang sudah lolos uji kelayakan dan tidak ada celah untuk kesalahan. Sebab, dimensi, ukuran, dan bahan sudah disesuaikan untuk masing-masing kendaraan yang diproduksi. 

    Namun, di pasaran juga beredar suku cadang imitasi dengan harga yang lebih murah. Tentu, kualitas pun jauh lebih rendah dari sparepart OEM dan celah kesalahan pun terbuka lebar. Misal, komponen akan lebih cepat aus sehingga harus diganti secara terus menerus. 

    Sekilas, suku cadang yang asli dan imitasi akan terlihat mirip. Namun, dari sisi material yang dipakai tentu berbeda. 

     

    cek sparepart

    Freepik.com

    Nah, untuk menemukan perbedaan antara suku cadang asli dan imitasi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    • Hologram dan Nomor Seri

    Ada nomor seri dari suku cadang OEM, yang mana tiap sparepart akan memiliki nomor yang berbeda. Nomor inilah yang tidak akan Anda temukan di suku cadang imitasi. 

    Selain nomor seri, ada pula hologram yang dibuat secara spesifik dan dipasang di bagian komponen yang tidak mungkin untuk dipalsukan. 

    Jadi, cari nomor seri serta hologram dari suku cadang yang Anda beli untuk memastikan keasliannya. 

    • Kode QR

    Saat ini, sudah banyak sparepart asli yang dilengkapi QR Code. Tujuannya, agar dapat dipindai menggunakan smartphone untuk melakukan pengecekan keasliannya. Kode QR tersebut bersifat unik dan berbeda-beda tiap barangnya. 

    Jadi, cek apakah suku cadang yang dibeli memiliki kode QR. Bila ada, segera scan dan periksa keasliannya. 

    • RFID Tag 

    Khusus suku cadang OEM yang bernilai tinggi, selain QR code, dilengkapi pula dengan RFID Tag. Tujuannya, untuk memudahkan produsen dalam melacak distribusi suku cadang tersebut. 

    RFID Tag juga dapat digunakan oleh konsumen untuk memverifikasi keaslian suku cadang yang dibeli. Sebab, suku cadang palsu tidak akan memiliki RFID tag tersebut. 

    Tag ini bersifat unik dengan kombinasi angka yang berbeda-beda tiap suku cadang. Sehingga, tidak mungkin ada dua sparepart yang memiliki tag yang sama. 

    Bagaimana Memastikan Suku Cadang Tersebut 100% Asli? 

    Cara paling mudah untuk memastikan bila suku cadang yang saat ini terpasang di mobil Anda adalah 100% asli, dengan cara memeriksakannya ke bengkel langganan yang sudah terpercaya. Anda dapat meminta bantuan mekanik untuk mengecek dan memastikan keasliannya. 

    Selain itu, Anda juga dapat mengecek dari lama ketahanan komponen mesin. Bila cepat aus dan harus ganti berulang dalam jarak waktu dekat, ada kemungkinan suku cadang yang digunakan bukan asli tapi imitasi. Tentu, poin ini perlu diperiksa lagi dengan mekanik terpercaya. 

    Meskipun suku cadang imitasi dapat dibeli dengan harga murah dan menghemat budget di awal, tapi itu akan membuat Anda semakin boros dengan penggantian komponen secara terus menerus dalam jangka waktu dekat lantaran mudah aus.