Berita

    Alasan Kenapa Mobil Matic Menjadi Pilihan Terbaik di Kota Besar

    Beberapa dekade belakangan ini, mobil matic menjadi salah satu jenis mobil yang paling banyak dikendarai. Peningkatan tersebut didominasi khususnya di wilayah perkotaan besar yang terkenal dengan kemacetan.

    Lalu pertanyaannya, mengapa banyak pengguna di kota-kota besar lebih memilih mobil dengan transmisi otomatis? Jangan lewatkan ulasan lengkapnya di bawah ini!

    6 Alasan Mobil Matic Lebih Disukai Pengendara Kota Besar

    Dulu, keberadaan mobil dengan transmisi selalu diabaikan dan mobil manual masih menjadi juaranya. Namun hal ini berubah sebaliknya yang mana mobil transmisi otomatis menjadi favorit masyarakat perkotaan.

    Pertanyaannya, mengapa? Pasti terdapat berbagai alasan mengapa masyarakat kota-kota besar lebih menyukai mobil transmisi otomatis. Berikut ini 6 alasan dan penjelasannya:

    • Nyaman Karena Tidak Membuat Kaki Pegal

    Alasan utama mengapa mobil transmisi otomatis banyak dipilih adalah tidak membuat kaki pegal. Anda pasti mengetahui jika mobil manual memiliki 3 pedal yang wajib digunakan secara seimbang.

    Berbeda dengan mobil bertransmisi otomatis yang hanya memiliki 2 pedal, yaitu pedal gas dan rem saja. Hal ini yang membuat kaki pengemudi lebih santai dan anti pegal, bahkan Anda dapat menggunakan 1 kaki saja dan bergantian.

    • Transmisi Gigi Lebih Teratur

    Kedua, banyak pengguna yang memilih mobil transmisi otomatis karena kenyamanan dan keteraturan ketika memindahkan gigi. Hal tersebut karena mobil transmisi otomatis memang didesain lebih mulus dan konsisten.

    Misal, ketika di medan jalan menanjak wajib secara cepat memindahkan transmisi ke gigi rendah namun terhambat karena tuas yang macet untuk pengemudi mobil manual. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila mengemudikan mobil transmisi otomatis.

    • Cocok untuk Pengemudi Pemula

    Mobil dengan transmisi otomatis menjadi favorit karena cocok dikendarai oleh pengemudi pemula. Terlebih jika Anda tidak ingin repot mempelajari mobil bertransmisi manual, seperti perpindahan gigi dengan menekan pedal kopling terlebih dahulu.

     

    pemula

    Banyak yang bilang bahwa mobil bertransmisi otomatis membuat para pemula lebih cepat mengendarai mobil. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengendara yang memilih mobil transmisi otomatis.

    • Mobil yang Nyaman Menghadapi Macet

    Alasan yang cukup popular mengapa mobil matic banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan besar adalah kenyamanan saat menghadapi macet. Di perkotaan yang tingkat kemacetan tinggi, mengendarai mobil transmisi manual cukup merepotkan.

    Maka dari itu, pemilihan mobil transmisi otomatis untuk digunakan saat macet lebih disukai. Karena kenyamanan dalam berkendara adalah hal penting yang wajib diperhatikan demi keamanan Anda di jalan.

    • Lebih Praktis Dikendarai

    Berkaitan dengan poin sebelumnya, bahwa mobil transmisi otomatis lebih praktis dikendarai. Seperti, Anda tidak perlu mengalami mobil mati ketika tidak dapat menyeimbakan antara pedal kopling, gas dan rem.

    Selain itu, lebih praktis secara perawatan karena Anda hanya perlu rutin servis dan mengganti oli. Maka dari itu, biasanya tipikal masyarakat perkotaan yang membutuhkan sesuatu yang praktis sehingga mobil transmisi otomatis lebih banyak yang memilih.

    • Desain Mobil yang Lebih Modern

    Alasan terakhir berkaitan dengan taste atau selera konsumen, yang mana banyak yang memilih mobil transmisi otomatis karena desain yang lebih modern. Misal, bagian interior mobil yang lebih minimalis sehingga lebih banyak ruang untuk menumpang.

    Kesimpulannya, banyak sekali alasan masyarakat perkotaan besar memilih mobil matic sebagai kendaraan pribadinya. Dimulai dari kenyamanan saat berkendara, perawatan mobil yang mudah hingga aspek keamanan.