Berita

    Ketahui Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

    Ban mobil bukan hanya memiliki fungsi sebagai penggerak, tetapi juga dapat menjadi penentu kenyamanan serta keamanan mobil. Inilah yang membuat pemilik harus mengetahui ciri ban mobil diganti.

    Sehingga, pemilik kendaraan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ban. Ciri ini berfungsi menjadi indikator pemilik kendaraan bila ban mobilnya mulai mendekati usia maksimal penggunaan. 

    Ketika berada dalam kondisi tersebut, ban telah kehilangan fungsinya secara maksimal. Bila dibiarkan terus menerus, hal ini dapat berakibat fatal, bukan hanya bagi pengemudi, tetapi pengguna jalan yang lain. 

    Kapan Ban Mobil Diganti? Apa Ciri-cirinya?

    Agar peristiwa meletusnya ban tidak terjadi pada Anda, berikut sejumlah ciri ban mobil diganti, antara lain:

            1. Usia Ban yang Sudah Lebih dari 3 Tahun

    Karet menjadi salah satu komponen utama dari pembuatan ban. Karet dijadikan sebagai pilihan untuk membuat ban karena mempunyai sifat elastis yang dapat meredam goncangan ketika mobil berjalan. 

    Dengan usia penggunaannya, elastisitas ban akan semakin berkurang. Biasanya, ban yang telah berusia lebih dari 3 tahun akan mengeras serta rentan hancur ketika terjadi gesekan pada permukaan jalan.  

    Oleh sebab itu, pastikan melihat usia ban dengan cermat. Usia ban bukan dipatok ketika Anda memasangnya, tetapi tanggal produksi ban. Kode produksi ini bisa Anda lihat di bagian dalam ban. Terdapat 4 angka yang menjadi kode pembuatannya. 

            2. Ban Sudah Mengalami Kebotakan

    Ciri ban mobil diganti yang lainnya adalah mengalami kebotakan. Karena adanya gesekan yang terjadi ketika kendaraan berjalan, lapisan ban akan mengalami pengikisan. 

    Bila pemasangan ban dilakukan dengan tepat, ini bukan menjadi masalah, dan ban akan botak merata. Tetapi, baik ban mobil botak merata atau tidak, penggantian ban wajib dilakukan. 

            3. Jarak Tempuh Ban Lebih dari 40 Ribu Km

    Mencatat setiap penggantian komponen mobil menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Pada dasarnya, setiap part mempunyai usia penggunaan yang beragam, termasuk pada ban. 

    Bila ban sudah dipasang dengan sempurna, usia batas pemakaiannya adalah 40 ribu kilometer. Jika lebih dari itu, daya cengkramnya menjadi berkurang. 

            4. Ban Sering Ditambal

    Karena ban bergesekan secara langsung dengan permukaan jalan dan benda asing, ban menjadi bagian yang mudah mengalami kebocoran. Untuk perbaikan sementara, biasanya dilakukan penambalan untuk menutup lubang yang bocor.