Berita

    Terungkap, Ini Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Solusinya

    Kenali Dulu Fungsi Blower AC Mobil 

    Setiap varian mobil terkini, sudah pasti dilengkapi dengan AC untuk menjadi pendingin di dalamnya. Jika AC bekerja maksimal, penumpang dan pengemudi pun akan nyaman selama melakukan perjalanan. Sebaliknya, jika kinerja blower AC mobil tidak maksimal, hawa panas yang akan diperoleh dan penumpang menjadi tidak nyaman. 

    Blower pada AC mobil berfungsi untuk menyerap udara yang berada di area sekitar blower. Udara tersebut akan diembuskan kembali ke bagian kabin melewati evaporator dan sirip-sirip. Udara yang masuk ke dalam mobil sudah terfilter dan hanya hawa dingin atau sejuk yang dirasakan oleh penumpang. Sedangkan udara panas akan dilarikan ke freon yang mempunyai suhu rendah. 

    Tanda-tanda Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Solusinya

    Masalah #1: Tidak Ada Udara Dingin dari AC

    Paling sering masalah ini disebabkan oleh kebocoran refrigeran. Komponen AC Anda sangat bergantung pada refrigerant untuk mendinginkan kendaraan. Tanpa refrigeran yang cukup, komponen AC lainnya tidak akan dapat berfungsi. 

    Kebocoran dapat terjadi kapan saja tetapi paling sering disebabkan oleh lubang pada sambungan, selang, kompresor, kondensor, atau evaporator yang pecah. Tidak seperti kebocoran oli, sayangnya kebocoran refrigerant sulit dikenali. Ini karena refrigerant dimaksudkan untuk menguap saat terpapar ke lingkungan.

    Solusi: Teknisi otomotif ahli biasanya perlu menambahkan pewarna pelacak kebocoran fluoresen dan zat pendingin ke sistem. AC kemudian dijalankan dan menggunakan lampu hitam untuk mengidentifikasi kebocoran. Kemudian, memulai perbaikan dan mencoba kembali AC untuk memastikan kinerjanya sudah membaik. 

    Masalah #2: Tidak Ada Udara yang Keluar dari Ventilasi

    Masalah ini tidak sejelas udara panas yang masuk melalui ventilasi. Anda perlu menghilangkan kemungkinan penyebabnya dengan memeriksa beberapa komponen terlebih dahulu. Di antaranya: 

    • Bagian Sekering atau Relay yang Bisa Saja Mengalami Kerusakan atau Putus

    Jika sekering ventilasi putus, tidak akan ada daya ke motor blower yang mencegah udara bertiup melalui ventilasi. Demikian juga, relay yang buruk juga dapat menjadi penyebabnya karena relay mengambil arus listrik yang kecil dan menggunakannya untuk mengatur arus yang lebih besar yang diperlukan untuk ventilasi.

    • Kerusakan pada Motor Blower atau Resistor Blower 

    Motor blower inilah yang mendorong udara melalui ventilasi di dalam mobil, mirip dengan kipas angin di rumah Anda. Motor blower yang tidak berfungsi karena keausan atau usia akan mencegah masuknya udara melalui ventilasi. Demikian pula, resistor blower bekerja dengan motor blower untuk mengontrol tingkat berapa banyak udara yang dihasilkan untuk mengalir melalui ventilasi (rendah, sedang, tinggi) berdasarkan preferensi.

    • Asupan Udara yang Tersumbat 

    Kendaraan memiliki dua area yang digunakan untuk udara masuk. Salah satunya udara masuk melewati ventilasi di bagian bawah kaca depan dan lainnya udara disirkulasikan kembali dari dalam kabin. 

    Jika salah satu dari area pemasukan udara terhalang oleh filter yang tersumbat atau kotoran lainnya, ventilasi mungkin mengeluarkan sedikit atau tidak ada udara sama sekali.

    • Sabuk dan Selang Rusak 

    Sistem AC dilengkapi dengan banyak selang dan sabuk yang mengoperasikan sistem. Segala jenis kebocoran, pelepasan, atau penyumbatan akan mencegah aliran udara yang tepat dari ventilasi.

    Solusi: Ganti Sekring dan/atau relay Terlebih Dahulu

    Itulah penyebab blower AC mobil mati beserta solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Jika masalah berlanjut, Anda sebaiknya membawanya ke bengkel resmi suzuki dengan cara mengunjungi website nya di https://www.suzukimargondadepok.co.id/ lalu pilih halaman service untuk menjadwalkan booking service anda.