Berita

    Simak Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

    Mobil dengan suara mesin yang besar dan kasar tentunya akan mengganggu tidak hanya bagi pengemudi namun juga bagi orang lain yang mendengarnya. Hal ini perlu diwaspadai sebab sebuah mobil dengan suara mesin yang kasar menandakan terjadinya kerusakan pada komponen di dalamnya.

    Apabila mobil milik Anda mengeluarkan suara mesin yang mengganggu telinga, maka Anda perlu untuk buru-buru memeriksanya. Cari tahu penyebab suara mesin mobil kasar tersebut. Sebagai referensi, berikut ini akan dibahas mengenai apa saja macam-macam penyebab yang membuat suara mobil berubah menjadi kasar.

    Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

    Dengungan keras dan kasar yang dikeluarkan oleh mesin mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Ketahui faktor-faktor penyebab tersebut pada poin pembahasan di bawah ini.

    • Kurangnya Oli pada Mesin

    Mesin berhubungan erat dengan oli. Maka dari itu, salah satu penyebab yang bisa membuat suara mesin berubah menjadi kasar yaitu berkaitan dengan oli. Kurangnya oli pada mesin membuat mesin jadi bekerja lebih ekstra. 

    Oli dengan fungsinya untuk melumasi mesin tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal sebab volumenya yang kurang. Selain itu, penyebab suara mesin mengeluarkan suara kasar yang juga berkaitan dengan oli yaitu kualitas oli yang sudah buruk. 

    Kalau masalah ini terjadi, maka Anda perlu dengan segera mengganti oli. Oli yang sudah buruk kualitasnya biasanya akan ditandai dengan perubahan warna menjadi coklat hingga kehitaman.

    Namun ketika oli masih penuh dan kualitasnya masih baik tetapi mobil tetap mengeluarkan suara kasar, kemungkinan permasalahannya terdapat pada pompa oli mesin. 

    Ketika pompa bermasalah, maka oli tidak tersalurkan dengan baik. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kondisi oli dan bagian pompanya secara berkala.

    • Rusaknya Bearing Mobil

    Penyebab berikutnya dari suara mesin mobil kasar yaitu akibat komponen bearing yang rusak. Kerusakan pada bearing merupakan kerusakan yang cukup serius dan sulit untuk diperbaiki secara mandiri oleh Anda sendiri.

    Oleh karena itu, untuk memperbaiki kerusakan pada bearing, Anda dianjurkan untuk mengunjungi bengkel langganan Anda guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berarti.

    • Longgarnya Katup Mesin

    Katup mesin diberi celah dengan ukuran yang sudah ditetapkan. Namun apabila katup mesin longgar, maka katup tersebut berkemungkinan menjadi terlalu renggang dan terlalu rapat. Ukuran normal dari celah katup mesin yaitu 0,2 – 0,3 mm.