Berita

    Kenali Penyebab Mobil Mogok Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

    Mobil mogok adalah mimpi buruk bagi semua pemilik mobil. Terlebih lagi jika Anda sedang terburu-buru karena dikejar keperluan bisnis. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab kenapa sebuah mobil bisa mogok.

    Beberapa Penyebab Mobil Mogok Mendadak

    Mobil yang mengalami mogok bukanlah perkara sepele. Ada banyak penyebab mulai dari ringan sampai parah yang bisa membuat mobil tidak beroperasi dengan lancar. Berikut ini beberapa penyebab mobil bisa mogok yang perlu Anda ketahui.

    • Aki Lemah atau Rusak

    Tanda-tanda aki yang lemah adalah ia akan sulit untuk starter bahkan tidak menyala saat Anda memutar kunci kontak. Selain itu, saat Anda mengemudi, muncul peringatan lampu aki berwarna merah yang menandakan aki mengalami masalah.

    • Dinamo Starter Rusak

    Switch starter adalah bagian yang seringkali disepelekan karena hanya digunakan saat Anda akan menyalakan dan mematikan mobil saja. Akan tetapi, jika bagian ini mengalami masalah atau rusak, Anda akan kesulitan untuk menyalakan mobil bahkan tidak bisa menyalakan mobil sama sekali.

    Ada banyak faktor yang menyebabkan switch atau dinamo starter mengalami masalah, seperti:

    1. Karena usia mobil yang lapuk
    2. Ceroboh saat menggunakan mobil
    3. Kabel starter renggang saat mobil mengalami guncangan
    4. Logam kontraktor plus minus aus sehingga arus listrik tidak terhubung.
    • Alternator Bermasalah

    Alternator adalah komponen mobil yang menyuplai dan menyalurkan listrik pada aki. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, aki pasti tidak akan berfungsi dengan baik.

    Beberapa faktor yang menyebabkan alternator rusak adalah putusnya gulungan kawat tembaga diode, kabel berkarat, alternator sudah usang, dan modifikasi mobil 

    • Mobil Mengalami Overheat

    Ciri mobil yang mengalami overheat adalah mobil sering mengalami kondisi mati-nyala tiba-tiba. Kondisi ini bisa disebabkan karena air radiator berkurang atau bahkan habis.

    Air radiator berperan sebagai pendingin agar mesin tidak mengalami overheat. Jika mobil mengalami kondisi ini, piston mobil akan meleleh dan menyebabkan mobil berhenti dan tidak bisa menyala kembali.

    • Karburator mobil mengalami masalah

    Masalah pada karburator mobil juga bisa menyebabkan mobil mogok. Karburator bisa bermasalah karena terganggunya proses pembakaran pada mesin.

    Solusi atau Cara Memperbaiki Mobil yang Mogok di Jalan