Berita

    Featured Image

    Terjebak di Jalanan Licin? Ini Tips Amannya

    Mengemudi di jalanan licin memang bisa sangat berbahaya. Apalagi jika Anda masih belum terbiasa menghadapi kondisi seperti itu. Tidak hanya bisa berbahaya bagi diri sendiri namun hal ini bisa berbahaya juga bagi orang lain.

    Jika sewaktu-waktu Anda terjebak di tengah jalanan yang licin, maka pastikan untuk lebih waspada. Kendalikan mobil Anda dengan tepat agar tidak membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya di sekitar Anda.

    Tips Aman Mengemudi di Jalanan Licin

    Permukaan jalanan yang licin bisa membuat ban mobil Anda selip dan badan mobil jadi limbung. Biasanya ini terjadi saat musim hujan karena jalanan basah oleh air dan jadi licin.

    Pastikan Anda lebih waspada lagi karena kondisi jalanan yang licin memicu potensi besar terjadinya kecelakaan. Berikut adalah beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan saat harus mengemudi di jalanan yang licin.

    • Jangan Memacu Kecepatan

    Tips pertama, jangan pernah memacu kecepatan mobil Anda di tengah jalanan yang licin. Jika Anda terjebak di kondisi jalanan seperti ini, usahakan untuk berkendara pada kecepatan normal atau bahkan lambat.

    Memacu mobil Anda dalam kecepatan yang tinggi bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Apalagi di jalanan licin dimana badan mobil Anda bisa saja tidak stabil karena roda harus bergesekan dengan permukaan yang licin.

    Lebih baik berkendaralah dengan aman di kecepatan yang lambat. Ini juga membantu Anda untuk lebih mudah mengendalikan mobil. Jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak diinginkan, kendali mobil jadi lebih mudah.

    • Nyalakan Lampu Utama

    Saat Anda berada di tengah jalanan yang licin, pastikan untuk tetap membiarkan lampu utama mobil menyala. Hal ini dilakukan agar kendaraan lain bisa mengenali mobil Anda dengan cepat dan menjaga jarak aman saat berkendara.

    Apalagi jika Anda berkendara di tengah hujan dan jalanan sangat licin. Lampu utama akan membantu Anda tetap aman dan dikenali oleh kendaraan lain. Selain itu lampu utama juga membuat Anda lebih mudah berkonsentrasi melihat kondisi jalanan.

    • Fokus pada Kemudi Mobil Anda

    Usahakan untuk selalu fokus pada kemudi mobil Anda selama berkendara. Jika Anda terjebak di jalanan yang licin, sebenarnya tidak perlu merasa panik. Justru panik hanya akan membuat Anda sulit berkonsentrasi.

    Lebih baik Anda tenangkan diri dan fokus pada kemudi atau setir mobil. Kendalikan mobil Anda dengan sebaik mungkin agar tetap aman saat berkendara. 

    Fokus pada kemudi juga akan membuat Anda lebih mudah mengendalikan mobil. Ini akan sangat membantu Anda berkendara secara aman meskipun di jalanan yang licin.

    • Jaga Jarak Aman

    Tentunya sangat penting untuk tetap menjaga jarak aman selama mengemudi di jalanan yang licin dan ramai kendaraan. Pastikan tidak terlalu dekat dengan mobil atau kendaraan lain agar Anda bisa terhindar dari kecelakaan. 

    Biasanya pada kondisi jalanan yang licin, mobil-mobil sulit untuk dikendalikan. Anda mungkin sudah berhati-hati tapi ada kendaraan lain yang kurang fokus. Jadi lebih baik jaga jarak aman sendiri saja.

    • Matikan Fitur Cruise Control

    Jika mobil Anda sudah memiliki fitur cruise control, pastikan untuk mematikan fitur tersebut. Fitur ini memungkinkan mobil Anda untuk menjaga kecepatan stabil tanpa harus menginjak gas secara manual.

    Fitur cruise control sebenarnya sangat memudahkan pengemudi namun tidak disarankan pada kondisi jalan yang licin. Matikan fitur tersebut dan kendalikan kecepatan mobil Anda sendiri agar bisa disesuaikan kondisi jalanan saat itu.