Berita

    Mengenal Fungsi Evaporator AC Mobil

    AC adalah salah satu komponen mobil yang berpengaruh besar pada kenyamanan Anda saat berkendara. Mobil tanpa AC dapat memiliki suhu hingga 32oC yang tentu tidak ideal selama perjalanan. Salah satu komponen pendukung kinerja AC adalah evaporator AC mobil.

    Lalu, apa fungsi evaporator dan bagaimana cara kerjanya? Belum tahu tentang hal ini? Maka sebaiknya jangan lewatkan pembahasan dalam artikel berikut!

    Evaporator AC Mobil

    Evaporator adalah salah satu komponen AC yang berperan dalam mengeluarkan hawa sejuk pada mobil. Komponen ini biasanya terletak pada bagian bawah dashboard

    Evaporator memiliki fungsi, jenis, dan cara kerjanya dalam sistem AC serta tips merawatnya yang dijelaskan secara lebih rinci dibawah ini.

    Fungsi Evaporator AC Mobil

    Secara umum, evaporator berfungsi sebagai penyerap udara panas dan penghembus udara dingin di dalam mobil. Selain itu, fungsi evaporator dapat dijelaskan sebagai berikut:

    • Memastikan Kondisi AC

    Evaporator akan memastikan apakah AC bekerja dengan benar. Hal ini dapat dilihat dari udara sejuk yang masih dapat dihasilkan AC.

    • Mengubah Freon

    Evaporator akan mengubah freon menjadi udara dingin berbentuk uap. Freon yang dipompa dapat menentukan berapa waktu yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan mobil. Suhu freon yang akan diubah bisa mencapai 100oC.

    Freon panas ini kemudian diarahkan ke kondensor. Dengan bantuan cooling fan, suhu Freon akan turun menjadi 60oC yang memungkinkan freon untuk diubah menjadi gas yang dapat membawa hawa dingin pada mobil.

    • Menyalurkan Sirkulasi

    Evaporator juga dapat berfungsi sebagai penyalur sirkulasi udara. Komponen ini akan menyaring udara yang kotor dan membuatnya bersih sehingga aman untuk Anda hirup. 

    Evaporator yang kotor berpotensi mengganggu proses penyaluran panas dan aliran sirkulasi udara. Hal ini dapat menimbulkan rasa pengap dan bau.

    Jenis Evaporator

    Evaporator pada AC mobil memiliki berbagai jenis yang dapat dibedakan dari bentuknya yaitu seperti yang ada di bawah ini:

    • Plat Fin

    Jenis ini hadir berbentuk pipih dan berbahan logam dengan fitur fin atau sirip yang biasanya disusun dengan sejajar.

    • Serpentine

    Jenis ini berbentuk sedikit melengkung dan mirip seperti huruf S meskipun bentuk tabungnya pipih seperti evaporator lainnya. 

    • Drawn Cube