Kenali Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar
Radiator menjadi salah satu spare part yang punya peran penting di mobil Anda. Di dalamnya ada sebuah bagian bernama kipas radiator. Saat kipas radiator tidak berputar, maka ini akan menjadi masalah bagi mobil yang Anda gunakan.
Penyebab Kipas Radiator Tidak Berputar
Radiator bekerja menjaga suhu mesin mobil agar tidak overheat. Fungsi tersebut bisa berjalan optimal jika kipas radiator berputar. Jika bagian kipasnya macet dan tidak mau berputar maka hal ini akan berpengaruh pada performa mobil.
Ada berbagai jenis faktor yang bisa menyebabkan bagian kipas ini tidak bisa berputar. Faktor-faktor tersebut penting untuk dipahami agar Anda bisa mendapatkan solusi terbaik. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kipas radiator tidak berputar:
- Terjadi Korsleting
Penyebab pertama, kipas radiator bisa saja macet karena terjadi korsleting. Korsleting yang dimaksud terjadi pada bagian sekring. Sekring ini merupakan bagian yang menjaga agar arus listrik bisa dialirkan ke kipas radiator.
Jika aliran listrik ke sekring mengalami korsleting dan akhirnya terputus, maka kipas tidak akan menyala. Hal yang sama juga terjadi ketika ada tegangan listrik terlalu besar yang memicu munculnya korsleting pada sekring.
Apabila kondisi ini terjadi maka sekring harus diperbaiki supaya bisa mengalirkan listrik dengan normal kembali. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa memicu kerusakan yang lebih parah.
- Putusnya Kabel Konektor
Kipas radiator tidak berputar juga bisa karena kabel konektornya putus. Secara logika, kabel konektor ini bisa diartikan sebagai sumber daya bagi kipas untuk berputar. Jika kabelnya saja terputus maka kipas tentu saja akan berhenti berputar.
Dalam kondisi normal, konektor ini akan terhubung langsung dengan kipas. Namun saat terputus, berarti konektor tidak bisa membantu kipas untuk berputar. Putusnya kabel tersebut juga bisa dipicu oleh berbagai faktor.
Jika ditemukan adanya kabel konektor yang putus, maka segera lakukan penggantian. Kabel yang putus harus diganti dengan yang baru supaya bisa mendukung kipas untuk berputar seperti sedia kala.
- Rusaknya Sensor Thermostat
Kerusakan pada kipas radiator juga bisa disebabkan oleh kondisi sensor thermostat. Thermostat ini merupakan bagian yang bekerja mengirim sinyal untuk kipas sehingga bisa berputar tepat pada waktu yang dibutuhkan.
Jika sensor thermostat mengalami kerusakan, maka alat ini tidak akan bisa mengirimkan sinyal perintah tersebut. Hasilnya, kipas tidak akan mendapatkan rangsangan untuk berputar jadi tetap bertahan di posisi diam.
Selain memeriksa bagian radiator secara menyeluruh, perhatikan juga bagian termostatnya. Perlu dilakukan perbaikan sehingga termostat bisa menerima sinyal dengan akurat dan berputar sesuai kebutuhan mesin mobil.
- Kerusakan Visco Kipas
Bagian penting lainnya yang juga ikut berpengaruh pada kinerja kipas radiator adalah visco kipas. Visco kipas merupakan bagian yang bertugas mengatur kecepatan putaran dari kipas tersebut.
Jika mobil dalam kondisi overheat, maka visco kipas ini akan membuat kipas berputar jauh lebih cepat. Begitu juga dalam kondisi sebaliknya, jika suhu tidak terlalu tinggi maka visco kipas tidak akan mengirimkan sinyal bagi kipas radiator untuk berputar.
Saat terjadi kerusakan pada visco kipas, maka putaran tidak akan terjadi. Oleh sebab itu visco kipas yang rusak harus segera diganti agar kipas radiator bisa kembali berputar seperti biasa.
Saat kipas radiator tidak berputar, Anda harus segera mencari cara untuk memperbaikinya. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada mesin. Apalagi jika mobil sering digunakan untuk berkendara sehari-hari.
Saat sering digunakan untuk beraktivitas, pastikan Anda selalu rajin membawa kendaraan kesayangan Anda agar selalu prima ya! Yuk, daftarkan sekarang di https://www.suzukimargondadepok.co.id/